Home Headline Rekomendasi Calon Kepala Daerah dari PDIP di Klaten dan Wonogiri Direvisi

Rekomendasi Calon Kepala Daerah dari PDIP di Klaten dan Wonogiri Direvisi

400

SEMARANG, 28/8 (Beritajateng.net) – DPP PDI Perjuangan Jumat siang tadi mengumumkan rekomendasi calon kepala daerah. Di Jateng ada 4 pasangan calon kepala daerah yang diserahkan rekomendasinya. Menariknya ada dua rekomendasi yakni calon kepala daerah Kab Wonogiri dan Klaten merupakan revisi dari rekomendasi yang sudah pernah diberikan.

Selain Wonogiri dan Kendal, rekomendasi juga diberikan untuk calon kepala daerah Kota Magelang dan Kabupaten Kendal.

Pada Februari lalu, DPP PDI Perjuangan telah mengumumkan paslon penerima rekom di Wonogiri yakni Bupati petahana Joko Sutopo berpasangan dengan Sriyono. Namun di rekomendasi yang keluar Jumat (28/8) berubah menjadi Joko Sutopo-Setyo Sukarno.

Rekomendasi di Klaten sebelumnya adalah petahanan Sri Mulyani-Aris Prabowo. Dalam rekomendasi yang turun siang tadi menjadi Sri Mulyani-Yoga Hardaya.

Dua paslon lain yang menerima rekomendasi adalah Tino Indra Wardono – Mukh Mustamsikin (Kendal) dan Aji Setiawan – Windarti Agustina (Kota Magelang).

Perihal revisi rekomendasi itu, tak ada penjelasan dari Ketua DPP PDIP Puan Maharani yang membacakan pengumuman rekomendasi melalui video konferensi.

Sekretaris DPD PDIP Jateng, Bambang Kusriyanto mengatakan hasil itu akan disampaikan pada masing-masing calon wakil bupati yang sebelumnya memperoleh rekomendasi. Harapannya tetap memberikan dukungan pada paslon yang diusung oleh PDIP saat ini. Namun saat ditanya perihal alasan pergantian itu, Bambang enggan menjelaskan.

‘’Pergantian wakil di Wonogiri dan Klaten itu keputusan DPP PDIP. Keputusannya seperti itu ya nanti kami sampaikan (pada calon wakil yang digantikan),’’ kata Bambang usai acara penyerahan rekomendasi di Kantor DPD PDIP Jateng di Panti Marhaen Semarang, Jumat (28/8).

Saat ditanya apakah pergantian itu karena dinamika politik di Wonogiri dan Klaten, ia juga enggan mengomentari.
Pada saat pengumuman rekomendasi, Puan Maharani meminta empat daerah itu wajib menang. Secara terperinci Puan menyebut Klaten merupakan daerah pemilihan Ketua DPR RI atau Puan sendiri. Wonogiri disebut sebagai kandang banteng dan di Kendal, PDIP disebutnya harus merebut kemenangan. Setelah Pilkada sebelumnya kalah.

“Di wonogiri harus menang dan jumlah suara tambah dari yang lalu. Kendal harus kita rebut dan harus menang,” kata Puan.

Dengan adanya rekomendasi ini maka PDIP belum mengeleuarkan rekomendasi untuk dua wilayah saja, yakni Rembang dan Kota pekalongan.

“Nunggu tahapan berikutnya. Tapi segera, karena tahapan pendaftaran (di KPU) juga segera mulai,” kata Bambang.

(NK)