Home Lintas Jateng Rawan Kebakaran, Pos Damkar di Semarang Bakal Di Tambah

Rawan Kebakaran, Pos Damkar di Semarang Bakal Di Tambah

kebakaran hutan

Semarang, 4/9 (BeritaJateng.net) – Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang menyatakan hampir seluruh Kota Semarang rawan terjadi kebakaran, karena banyaknya pemukiman padat penduduk dan kawasan industri. Sehingga pihaknya berencana melakukan penambahan unit pos pemadam kebakaran di empat titik yakni Kecamatan Gunungpati, Mijen, kawasan industri Tugu dan Semarang Timur.

Kabid Operasional dan Pengendalian Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang, Sumarsono mengatakan bahwa saat ini telah memiliki 25 unit mobil pemadam kebakaran aktif atau sehat untuk penyemprotan dan penghisapan air yang siap untuk dioperasionalkan.

Selain itu, pihaknya telah memilik lebih dari 100 personil pemadam kebakaran yang terbagi empat pleton.

“Empat pleton terbagi menjadi 3 shift siang sore dan malam. Jumlah mobil pemadam aktif termasuk mobil tangga itu bisa menjagkau dengan jarak 32 meter Jadi kalau ada lebakaran dilantai 10 atau 12 pada digedung tersebut maka yang difungsikan adalah hidrant gedung. Kalau itu kita hitung palfon 4 lantai, maka kita hanya bisa menjangkau 8 lantai,” terangnya.

Jika nantinya ada penambahan empat titik pos pemadam kebakaran menjadi delapan titik, ia mengaku akan merekrut tim dan anggota pemadam baru. “Memang kalau ada penambahan pos, harus ada penambahan personil. Konsekuensinya seperti itu,” pungkasnya.

Sementara, lanjutnya, fasilitas air yang digunakan pemdam kebakaran, pihaknya juga tidak mengalami kendala. Menurutnya, pada saat musim kemarau sekarang ini, stok air dalam tangki mobil pemadam selalu kondisi sudah berisi full air, BBM dan personil. Sehingga ketika ada insiden natniya dalam pengambilan air akan menyesuaikan pada lokasi terjadinya kebakaran.

“Misalnya yang dekat sungai ya kita menghisap air sungai yang ada dilokasi tersebut. Apabila kami kesulitan air, kami ngangsu disumber air yang dekat dengan lokasi. Disebelah barat kami memfungsikan taman lele, sebelah utara tengah kami memfungsikan sumur pemadam yang ada didekat gereja blenduk, diselatan kami akan memfungsikan beberapa pabrik yang ada diselatan,” katanya. (Bj05)