Home Kesehatan Ratusan Warga Miskin Tak Miliki BPJS Serbu Pengobatan Gratis

Ratusan Warga Miskin Tak Miliki BPJS Serbu Pengobatan Gratis

315
0
Ratusan Warga Miskin Tak Miliki BPJS Serbu Pengobatan Gratis
         BLORA, 28/11 (BeritaJateng.net)- Ratusan warga miskin di kabupaten Blora Jawa tengah Selasa pagi beramai-ramai mendatangi pengobatan gratis yang digelar Korem makutarama salatiga bekerja sama dengan Kodim 0271 Blora Selasa (28/11/2017). Ratusan warga miskin ini adalah mereka yang tidak memiliki kartu jaminan kesehatan atau BPJS.
         Bahkan mereka rela antri sejak pukul 8 pagi demi mendapat pelayanan pengobatan gratis. Padahal acara pengobatan gratis sendiri baru dimulai sekitar pukul 9 pagi.
         Wadadenkes 0404 Salatiga, Mayor Sunarto menjelaskan, pengobatan gratis ini digelar dalam rangka hari juang Kartika ke 42 yang merupakan rangkaian ulang tahun TNI AD.
          Menurutnya, pengobatan gratis ini diberikan untuk warga kurang mampu yang tidak memiliki kartu BPJS dari pemerintah.
           “Ini kita fokuskan untuk warga miskin terutama yang tidak masuk dalam BPJS pemerintah. Karena kita sadar, masyarakat seperti petani kan banyak yang tidak ikut BPJS,” terangnya.
         Menurut Mayor Sunarto, acara baksos pengobatan gratis ini baru awal dari rangkaian hari juang Kartika. ” Ini baru permulaan nanti kita ada acara lainnya. Hari ini kita juga ada acara operasi katarak di Salatiga,” ungkapnya.
         Pengobatan gratis ini disambut baik oleh masyarakat sekitar. Seperti yang diungkapkan Mutmainah (54) yang mengaku terbantu dengan acara ini. Dirinya yang sudah 3 tahun menderita penyakit pegal di punggung  mengaku senang karena tidak harus mengeluarkan uang. “Ya, senang mas, apalagi saya kan tidak memiliki kartu BPJS,” jelasnya.
         Senada dengan Mutmainah, Siti (60) warga adirejo ini juga menyambut baik dengan adanya pengobatan gratis ini. “Saya tadi mengobatkan penyakit lambung yang sudah 6 tahun saya derita, semoga obatnya cocok,” harapnya.
          Sedikitnya ada sekitar 600 kupon pengobatan gratis yang diberikan panitia buat warga miskin di daerah adirejo Tunjungan ini. Diharapkan pengobatan gratis ini dapat membantu memberikan kemudahan bagi warga yang tidak terlayani kesehatan dengan baik.
          “Kami tidak ingin menyaingi tapi hanya ingin membantu warga yang selama ini kurang mendapat pelayanan kesehatan yang baik,” pungkas Mayor Sunarto.
(MN/El)