Ratusan Warga Kendal Antre Sembako Murah

Ratusan warga penerima Rastra di Desa Galih mengantre untuk bisa membeli paket sembako murah yang digelar RS Baitul Hikmah.
            KENDAL, 12/6 (BeritaJateng.net) — Ratusan warga kurang mampu penerima manfaat beras sejahtera (Rastra) di Desa Galih, Kecamatan Gemuh tampak mengantre untuk membeli berbagai kebutuhan bahan pokok di pasar murah yang digelar RS Baitul Hikmah. Berbagai kebutuhan bahan pokok dijual murah dibandingkan dengan harga yang ada di pasaran.
         Tujuannya dari pasar murah ini agar dapat meringankan beban bagi warga miskin dalam pemenuhan kebutuhan akan bahan pokok di bulan Ramadhan yang berkecenderungan harganya naik.
            Untuk mendapatkan sembako harga murah ini, warga rela mengantre berjam-jam untuk bisa membeli berbagai bahan kebutuhan bahan pokok yang dijual disetiap stand yang ada di pasar murah tersebut. Untuk bisa mendapatkan berbagai kebutuhan bahan pokok dengan harga murah itu, setiap warga miskin harus menunjukkan tiga kartu yang sudah diperolehnya dari panitia pelaksana.
           Adapun kebutuhan bahan pokok yang dijual di pasar murah itu, seperti beras 5 kg, minyak goreng dan gula pasir dan telur. Selain itu dalam pasar murah juga turut dijual berbagai ragam jajanan untuk Lebaran, baju pantas pakai hingga produk UMKM.
             “Pasar murah bulan suci Ramadhan  konsepnya kami hanya ingin beramal sekalian berbagi rezeki untuk orang-orang yang kurang mampu. Selain bahan pokok juga dijual baju pantas pakai. Jadi dari amal untuk amal,” kata kata Astri, Panitia Pasar Murah didampingi Sekretaris Desa Galih H Mustakim.
             Hasil penjualan pakaian bekas,  nantinya akan disubsidi untuk kegiatan pasar murah selanjutnya. “Jika tidak laku akan disumbangkan ke panti asuhan,”  jelasnya.
             Astri mengungkapkan, ada berbagai kebutuhan bahan pokok yang di jual pada pasar murah Ramadhan ini, yakni beras 5 Kg, minyak goreng dan gula pasir. Sebanyak 165 kupon yang dibagikan kepada warga miskin di desa ini. Setiap warga miskin berhak mendapatkan tiga kupon dengan label kebutuhan bahan pokok yang berbeda-beda.
            Kegiatan pasar murah yang digelar RS Baitul Hikmah  ini baru yang kalipertamanya. Karena selama ini bhakti sosial yang dilakukan rumah sakit tersebut pada Ramadhan tahun-tahun sebelumnya hanya membagi-bagikan paketan kepada tidak warga mampu, sehingga pembagianya dinilai tidak merata dan kemudian diganti dengan mengadakan pasar murah.
           “Tahun ini pasar murah kita gelar di empat tempat, yakni, dua tempat di Kecamatan Gemuh, yakni di Pasar Galih, Desa Galih dan di Masjid Gemuh, Desa Gemuhblanten dan yang dua ada di Kecamatan Kangkung dan Desa Pucangrejo,” terang dia.
              Direktur RS Baitul Hikmah, dr Azhar Arief Sulistiyo, mengatakan bazar Ramadhan dalam rangka mewujudkan visi RS Baitul Hikmah. Selain pasar murah juga ada konsultasi dan pemeriksaan kesehatan murah. Yakni, bentuk kepedulian dan sekaligus mengupayakan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.
             Pasar murah dilakukan untuk menyambut Lebaran, karena biasanya harga-harga mengalami kenaikan. Sehingga bisa membantu masyarakat mendapatkan Sembako dengan harga lebih terjangkau. Barang yang dijual, seperti beras 5 Kg harga Rp 40 ribu, dan bahkan ada pembagian kupon tambahan untuk warga kurang mampu. Mereka yang terima kupon ini mendapatkan potongan harga Rp 5.000, Sehingga totalnya, mereka bisa menghemat sampai Rp 15 ribu per paketnya.
               “Ada gula 1 Kg, minyak goreng, telur ayam dan bebek, bandeng, bawang putih, dan lainya. Semua harganya kita subsidi dari rumah sakit, serhingga harganya dibawah harga pasar. Beras perpaket 5 Kg kita ada 100 paket , berarti 500 Kg, dan gula ada 225 Kg, minyak 165 Kg, dan telur dan kurma kurang lebih 40 Kg. Untuk pemeriksaan kesehatan berupa cek asam urat dan gula darah. Dengan begitu, masyarakat bisa ketahuai kadar gula darah, asam uratnya, sehingga bisa dlakukan pencegahan penyakit lebih dini,” kata dia. (sty/el)

Tulis Komentar Pertama