Home Kesehatan Ratusan Warga Berebut Air Bersih Bantuan Kodim Blora

Ratusan Warga Berebut Air Bersih Bantuan Kodim Blora

133
0
Dandim Blora bersama Kepala BPBD Blora mengisi air di dalam bak untuk dibagikan pada masyarakat.

BLORA, 3/10 (BeritaJateng.net) – Ratusan warga dukuh Ngetrep, Desa Tutup, Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora berebut bantuan air yang diberikan oleh Kodim 0721/Blora pada Selasa siang (3/10/2017). Tidak sampai setengah jam, Sembilan unit tangki air bersih berkapasitas 5000 liter ludes diserbu warga.

Musim kemarau yang terjadi di Kabupaten Blora, Jawa Tengah membuat sejumlah wilayah mengalami krisis air. Sudah tiga bulan warga di dukuh Ngetrep, desa Tutup kecamatan Tunjungan kesulitan mendapatkan air. Untuk mendapatkan air bersih warga harus mencarinya sampai ke tengah sawah.

“Sudah tiga bulan lebih mas, sulit mencari air, kering banget. Kalau mendapatkan air harus jalan di tengah sawah, jaraknya tiga kilo dari rumah,” ungkap Pujiwati warga dukuh Ngetrep, desa Tutup, kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora.

Dirinya mengaku bersyukur dengan adanya bantuan air bersih dari Kodim Blora ini dan berharap bantuan seperti ini rutin dilakukan.

“Senang sekali, ramai, terima kasih banyak atas bantuannya, harapannya tetap berlanjut karena masih kekeringan,” harap Puji.

warga berebut air bersih
warga berebut air bersih

Senada disampaikan oleh Alim, sudah tiga bulan dirinya bersama warga lain sulit mendapatkan air. Bahkan untuk mendapatkan satu jerigen air bersih ia harus mencarinya pada malam hari. Hal ini dilakukannya agar tidak antri dengan warga lain.

“Ambilnya di sawah kalau malam, kalau malam tidak antri, sekitar jam sembilan dan sepuluh malam,” ungkap Alim.

Sementara itu, Dandim 0721/ Blora, Letkol Susilo mengatakan, bantuan air bersih ini diberikan bagi masyarakat Blora yang daerahnya kekurangan air. Acara ini sekaligus untuk menyambut hari ulang tahun TNI pada 5 Oktober mendatang.

“Kita salurkan 12 tangki, Insyaaallah akan rutin dilakukan termasuk dengan BPBD Blora. Bantuan air ini sengaja kita sinkronkan dengan HUT TNI besok,” kata Susilo.

Selain di dukuh ngetrep desa tutup kecamatan tunjungan ini, Kodim Blora juga melakukan dropping air bersih di desa Kebonrejo kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora.

“Sebanyak tiga unit tangki air juga kita droping di desa kebonrejo banjarejo,” pungkas susilo. (MN/EL)