Home News Update Ratusan Murid Tangerang Libur akibat Banjir

Ratusan Murid Tangerang Libur akibat Banjir

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

Tangerang, 10/2 (BeritaJateng.net) – Ratusan murid SD Negeri II Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Banten, terpaksa libur belajar akibat ruangan kelas terendam banjir dengan ketinggian mencapai 35 cm.

“Bila anak didik tidak nyaman belajar, maka pihak sekolah memilih libur belajar,” kata Kepala Dinas Pendidikan Pemkab Tangerang Zaenudin di Tangerang, Selasa.

Zaenudin mengatakan penyebab ruang terendam karena hujan turun sejak dua hari terakhir ini menyebabkan saluran pembuang di depan sekolah tidak dapat menampung air.

Bahkan air yang berasal dari jalan akhirnya meluber ke sekolah karena letaknya lebih rendah.

Meski pihak sekolah berupaya untuk menimbun dan menutup saluran dengan tanah beberapa tempat yang rendah, tapi tidak mampu menahan air karena mengalir deras.

Dia mengatakan para murid itu libur sejak Selasa (10/2) pagi dan diperkirakan masuk kembali setelah air surut.

“Pihak sekolah akan memberitahukan kepada orang tua murid bila air sudah tidak menggenangi lagi ruang kelas,” katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang, Teteng Jumara mengatakan kepala sekolah meliburkan anak didik ketika sekolah kebanjiran merupakan langkah terbaik.

Teteng mengatakan dari pada ketika banjir ada bahaya dan anak didik tidak nyaman belajar, lebih baik kegiatan belajar mengajar untuk sementara dihentikan.

Padahal sebelumnya, banjir yang melanda Kabupaten Tangerang, merendam sebanyak 3.060 rumah penduduk tersebar pada 10 kecamatan dengan ketinggian air mencapai 1,1 meter.

Banjir terparah berada di Desa Gelam Jaya, Kecamatan Pasar Kemis, tapi sebagian warga setempat masih bertahan di rumah.

Pihak BPBD telah menerjunkan petugas sebanyak 140 petugas mengatasi dan membantu warga terutama untuk evakuasi ke lokasi lebih aman serta memberikan empat ton beras.

Sedangkan kecamatan yang terkena banjir yakni Pasar Kemis, Kronjo, Sepatan, Kosambi, Teluknaga, Balaraja, Kelapa Dua, Tigaraksa, Rajeg dan Sukamulya. (ant/BJ)