Home Hukum dan Kriminal Ratusan Motor di Boyolali Ditilang Polisi

Ratusan Motor di Boyolali Ditilang Polisi

Ilustrasi

Ilustrasi

Boyolali, 30/1 (BeritaJateng.net) – Satusan Lalu Lintas Kepolisian Resor Boyolali berhasil mengamankan seratusan unit kendaraan bermotor dengan sanksi surat tilang, karena melanggar peraturan lalu lintas, kata Kepala Satlantas Polres Boyolali, AKP Demianus Palulungan.

Para pelanggar tersebut dikenai sanksi tilang oleh petugas dalam kegiatan operasi tertib lalu lintas di Jalur Solo-Semarang, Mojongoso Boyolali, Jawa Tengah, Jumat.

Menurut AKP Demianus Palulungan, pihaknya melakukan kegiatan tertib lalu lintas tersebut secara rutin di beberapa titik di wilayah Boyolali.

“Kegiatan operasi tertib lantas di Mojosongo berhasil menindak sebanyak 106 pengendara yang melanggar peraturan,” kata Demianus Palulungan.

Menurut Demianus Palulungan, dari 106 pengendara yang melanggar sebanyak 45 pengendara di antaranya, dilakukan sidang di tempat.

“Pengendara yang ditilang rata-rata melakukan pelanggaran tidak bisa menunjukkan kelengkapan surat kendaraan seperti surat tanda nomor kendaraan bermotor (STNK) dan surat izin mengemudi (SIM), tidak mengenakan helem, kelengkapan kendaraan atau spion tidak lengkap,” katanya.

Pada kegiatan operasi tertib lantas tersebut, kata dia, pihaknya berkoordinasi dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) dan Pengadilan Negeri (PN) Boyolali.

Pengendara yang melanggar dikenaik surat tilang bisa langsung sidang di lokasi. Ada 46 pengendara yang disidang ditempat, sedangkan lainnya di PN Boyolali, pada Jumat (13/2).

Dia menjelaskan kegiatan perasi gabungan tersebut dilakukan secara rutin sebanyak dua kali selama sepekan. Dengan tujuan upaya menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

Pihaknya menindak tegas bagi pengendara yang melakukan pelanggaran dengan sanksi surat tilang, karena sosialisasi sudah jauh hari dilakukan baik melalui instansi-instansi maupun sekolah-sekolah di wilayah ini.

Kendati demikian, pihaknya berharap para pengendara motor agar lebih tertib berlalu lintas di jalan raya, karena korban kecelakaan di Boyolali hingga saat ini didominasi oleh kendaraan roda dua. (Ant/BJ)