Home Hukum dan Kriminal Ratusan Miras Disita dari Toko Kelontong

Ratusan Miras Disita dari Toko Kelontong

Kajen, 24/11 (Beritajateng.net) – Sebuah toko kelontong di kawasan pertigaan Tugu Durian, Desa Karangsari Kecamatan Karanganyar digeruduk petugas Polres Pekalongan, Senin (24/11) siang. Bukan tanpa alasan, di lokasi tersebut petugas dari Satuan Sabhara berhasil mengamankan  317 botol minuman keras berbagai jenis yang disembunyikan di dalam gudang. 

Kasubag Humas Polres Pekalongan AKP Guntur Tri Harjani mengatakan, kegiatan ini merupakan operasi rutin guna menekan peredaran minuman keras di Kabupaten Pekalongan. “Berdasarkan informasi dari masyarakat, kemudian kami tindaklanjuti. Ternyata benar. Di satu lokasi, toko kelontong menjual minuman beralkohol tanpa izin,” ungkapnya, usai razia.

Ratusan botol miras tersebut kemudian diamankan ke Mapolres Pekalongan guna penanganan lebih lanjut. Guntur berujar, kepada pemilik warung akan dikenakan sanksi berupa Tindak Pidana Ringan (Tipiring). “Penjual miras ini akan kami beri sanksi, maksimal kurungan tiga bulan penjara atau denda,” jelasnya.

Sementara itu, Kasat Sabhara Polres Pekalongan, AKP Agus Sulis menambahkan, ratusan botol miras tersebut terdiri dari 298 botol besar Anggur Orang Tua atau dikenal dengan sebutan AO, 12 botol besar anggur intisari dan 7 botol vodka iceland. “Itu hanya dari satu TKP (Tempat Kejadian Perkara). Mirasnya disembunyikan di dalam gudang. Ada yang sudah kadaluarsa juga. Kami akan panggil pemilik warungnya, besok,” imbuhnya.

Terkait besaran denda, Agus mengungkapkan, hal itu sesuai keputusan hakim di pengadilan. Sebagaimana vonis hakim untuk kasus miras sebelumnya, hakim menjatuhi denda per botol Rp 100 ribu. Kegiatan tersebut akan terus dilakukan, mengingat semakin banyaknya laporan masyarakat terkait peredaran miras. “Kegiatan ini terus kami tingkatkan, karena miras ini sudah banyak memakan korban dan menjadi pemicu terjadinya tindak kejahatan,” pungkasnya.(FUH/pj)

Advertisements