Home Lintas Jateng Ratusan DPT Demak Bermasalah, Bawaslu Demak Temukan Pemilih “Hantu” dan Orang Gila

Ratusan DPT Demak Bermasalah, Bawaslu Demak Temukan Pemilih “Hantu” dan Orang Gila

469
0
Ratusan DPT Demak Bermasalah, Bawaslu Demak Temukan Pemilih "Hantu" dan Orang Gila

Demak, 11/9 (BeritaJateng.net) – Bawaslu Kabupaten Demak menemukan sebanyak 923 Daftar Pemilih Tetap (DPT) bermasalah. DPT Pemilu 2019 yang bermasalah tersebut , sebanyak 723 orang terindikasi tidak memenuhi syarat.

Adapun rinciannya yakni, pemilih ganda sebanyak 308 orang, pemilih tidak dikenal 7 orang, pemilih yang sudah meninggal dunia alias pemilih “hantu” sebanyak 300 orang dan anggota polri 2 orang.

Selain itu, ada pula pemilih yang bukan penduduk setempat 2 orang, pemilih yang hilang ingatan atau gila 3 orang, pemilih dibawah 17 tahun dan belum menikah 1 orang, pemilih yang pindah domisili 100 orang.

“Kita juga temukan pemilih invalid ( tanpa alamat dan tanpa RT/RW ) sebanyak 200 orang. Anehnya, ada pemilih “hantu” dan orang gila masuk DPT, ” kata Khoirul Saleh, Ketua Bawaslu Demak, dalam keterangan persnya, Senin (10/9/2018).

Menurut Khoirul, ketidak akuratan data pemilih (DPT) bermasalah tersebut, bisa menjadi bahaya laten bagi jalannya pesta demokrasi yang digelar pada 17 April 2019.

“Ya, DPT bermasalah ini, tentunya bisa menimbulkan inefisiensi anggaran dalam penyediaan logistik surat suara. Dan akan membuka celah bagi peserta pemilu yang kalah, untuk mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi,” ungkapnya.

“Bisa juga terjadi adanya penyalahgunaan hak pilih, khususnya pemilih yang tidak memenuhi syarat. Partai politik juga dapat mengklaim mengalami kurugian besar, karena kehilangan suara akibat karut marut DPT,” lanjutnya.

Terkait temuan adanya DPT bermasalah tersebut, Bawaslu Demak sudah merekomendasikan ke KPU Demak untuk segera di tindak lanjuti.

“Bawaslu Demak bersama Panwascam, Pengawas Desa /Kelurahan, terus melakukan pengawasan terhadap data pemilih, demi terwujudnya vadiditas data pemilih menjadi DPT Pemilu 2019,” tutupnya. (El)