Home News Update Ratusan Buruh FSPMI Kembali Lakukan Aksi Demo

Ratusan Buruh FSPMI Kembali Lakukan Aksi Demo

819

Semarang, 29/9 (BeritaJateng.net) – Ratusan buruh Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) kembali melakukan aksi demo di depan gedung Gurbenur Jawa Tengah jalan Pahlawan Semarang.

Luqman Hakim selaku koordinator aksi menyampaikan bahwa kembalinya aksi demo oleh Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) menuntut pencabutan UU Tax Amnesty, sebab pemerintah telah mengambil kebijakan ekonomi yang hanya memihak kepada kaum pemodal saja, dan hanya menguntungkan segelintir pemilik modal.

“UU Tax Amnesty ini hanya menguntungkan pihak pemodal saja, tetapi tidak menguntungkan bagi kaum buruh, UMKM, dan bahkan negara juga dirugikan karena rendahnya pajak yang masuk,” ungkapnya.

Lanjutnya, pemerintah terjebak dalam logika upah murah yang dimainkan oleh investor, dan menyebabkan upah menjadi murah hingga jatuhnya daya beli kaum buruh dan rakyat.

” Akibatnya tak hanya industri elektronik, otomotif, dan properti yang mengalami kelesuan akibat daya beli kaum buruh menjadi turun. Pedagang kaki lima dan UMKM pun yang menjadi konsumsi utama kaum buruh juga mengalami penurunan omset,” tuturnya.

Luqman juga menambahkan dengan menolak melakukan aksi ini, mereka tak hanya menginginkan kenaikan upah buruh, tetapi juga menaikan pertumbuhan ekonomi terutama mengembalikan dan meningkatkan daya beli para buruh. Dengan mekanisme hadirnya PP NO. 78 tahun 2015 malahan memperburuk upah buruh bahkan memiskinkan buruh.

“Dengan ini kami KSPMI-KSPI menuntut pemerintah untuk segera mencabut PP No. 78 tahun 2015 tentang pengupahan dan mencabut UU Tax Amnesty, agar ekonomi meningkat dan daya beli buruh kembali seperti semula,” tambahnya.(BJ06)

Advertisements