Home News Update Rapim Kodam IV/Diponegoro Dihadiri 98 Pejabat Kodam

Rapim Kodam IV/Diponegoro Dihadiri 98 Pejabat Kodam

Suasana rapat pimpinan pejabat Kodam IV/Diponegoro.

Suasana rapat pimpinan pejabat Kodam IV/Diponegoro.

Semarang, 3/2 (BeritaJateng.net) – Sebanyak 98 pejabat Kodam IV Diponegoro ikuti Rapat Pimpinan (Rapim) di Aula Makodam IV Diponegoro, Selasa.

Rapim yang dipimpin langsung Pangdam IV Diponegoro Mayor Jenderal TNI Bayu Purwiyono mengusung tema ‘Kita Wujudkan Prajurit Kodam IV Diponegoro yang profesional, sejahtera dan mencintai rakyat’ yang merupakan tindak lanjut dari Rapim TNI dan TNI AD beberapa waktu lalu.

Dalam kegiatan tersebut, Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Bayu Purwiyono menegaskan dalam konteks pembangunan pertahanan negara, aspek nirmiliter seperti swasembada pangan menjadi sangat penting bagi pertahanan suatu negara.

“Ini menjadi tugas TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP),” jelas jenderal bintang dua ini.

Sementara itu, Kolonel Arh Elphis Rudy, Kapendam IV Diponegoero menjelaskan, tema yang dipilih diharapkan mampu mendorong pelaksanaan program kerja dan Anggaran tahun 2015, guna memantapkan kesiapan operasi satuan OMP maupun OMSP.

Seperti yang telah di ketahui, tugas TNI selain melaksanakan Operasi Militer untuk Perang (OMP) juga melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Menurutnya, pemantapan operasional satuan OMSP seperti perbantuan search dan rescue, penanggulangan bencana alam maupun dalam rangka membantu pemerintah daerah Jateng dan DIY seperti pelaksanaan swasembada pangan untuk mewujudkan ketahanan daerah dan nasional.

“Kita mendukung dengan kemampuan yang kita miliki, seperti pemanfaatan daerah latian yang kosong milik TNI untuk jadi lahan pertanian. Seperti yang dilakukan di daerah Meteseh Tembalang. Lahan kosong ditanami berbagai komoditas pangan seperti jagung, padi, ketela, umbi-umbian, sayur dan buah,” ujarnya.

Pada dasarnya, lanjut Elphis, kita membantu, memotivasi dan menggerakkan masyarakat memanfaatkan lahan-lahan tidur sekaligus terjun langsung untuk menjadi dekat dengan masyarakat. (BJ05)