Home Hukum dan Kriminal Rano Karno Diperiksa KPK terkait Kasus Pembentukan Bank Banten

Rano Karno Diperiksa KPK terkait Kasus Pembentukan Bank Banten

Jakarta, 7/1 (BeritaJateng.net) – Gubernur Banten Rano Karno memenuhi panggilan penyidik KPK. Dia hari ini diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi Ricky Tampinongkol terkait dugaan suap pembuatan peraturan daerah pembentukan Bank Banten.

“Insyaallah saya hari ini diperiksa dipanggil oleh KPK untuk jadi saksi Ricky Tampinongkol masalah Bank Banten,” kata Rano di KPK, Jakarta. Kamis (7/1/16).

Rano mengaku pernah ada permintaan sejumlah uang dari DPRD terkait rencana pembentukan Bank Banten.

“Ricky pernah menyampaikan ada permintaan Rp 10 miliar dari dewan, saya bilang jangan didengar, jangan digubris,” Ujar Rano.

Ricky Tampinongkol merupakan Direktur Utama PT Banten Global Development (PT BGD) yang berencana mengakuisisi Bank Pundi untuk dijadikan Bank Banten. Bantuan penyertaan modal diperlukan untuk proses akuisisi tersebut.

Dalam kasus ini Ricky sudah ditetapkan sebagai tersangka bersama dengan 2 anggota DPRD yaitu SM Hartono, dan Tri Satriya.

KPK mencium adanya ketidakberesan dalam pembahasan APBD terkait upaya pengegolan pembentukan bank Banten. hingga akhirnya KPK melakukan Operasi Tangkap Tangan dan menangkap 3 orang tersebut saat hendak bertransaksi uang.

Saat itu mereka tengah melakukan serah terima uang USD 11.000 dan Rp 60 juta terkait pembentukan Bank Banten.

Ricky diduga sebagai pemberi suap sedangkan Hartono dan Tri diduga sebagai penerima suap.(bj50)