Home Lintas Jateng Rangkaian Aksi Teatrikal Warnai Peringatan Lima Hari Semarang

Rangkaian Aksi Teatrikal Warnai Peringatan Lima Hari Semarang

P_20151014_201316
Rangkaian aksi teatrikal warnai peringatan pertempuran lima hari di Semarang

Semarang, 15/10 (BeritaJateng.net) – Serangkaian aksi teatrikal dari ratusan pelajar dan mahasiswa warnai peringatan pertempuran lima hari Semarang, Rabu (14/10) malam.

Aksi heroik pejuang dan masyarakat Semarang melawan tentara Jepang pada 15-20 Oktober 1945 ini menjadi tonggak perlawanan terhadap penjajah di daerah termasuk di Surabaya, hingga meletus peristiwa 10 November yang kemudian diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Peristiwa bersejarah yang diperingati di area Tugu Muda Ssmarang berlangsung khidmat, ribuan warga larut dalam suasana perjuangan.

“Pertempuran lima hari di Semarang itu mempunyai makna tersendiri, khususnya bagi rakyat Jawa Tengah. Peristiwa itu menunjukkan kebulatan tekad rakyat untuk mengambil alih kekuasaan dari Jepang,” ujar Khafidz faturokhman salah satu mahasiswa yang memerankan tokoh Gubernur Jawa Tengah 70 tahun silam.

P_20151014_200300

Menurutnya, peringatan Pertempuran Lima Hari menjadi simbol keberanian warga Semarang dan diharapkan bisa menjadi pemantik semangat generasi muda untuk meneladani kepahlawanan para pejuang.

Meski tanpa dihadiri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, upacara tetap berlangsung khidmat. Hadir pula Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo dalam upacara peringatan pertempuran lima hari Semarang. (Bj)