Home Headline Rabu Besok Menteri Susi Serahkan Bantuan 234 Unit Alat Penangkap Ikan Ramah...

Rabu Besok Menteri Susi Serahkan Bantuan 234 Unit Alat Penangkap Ikan Ramah Lingkungan

486

SEMARANG, 19/9 (Beritajateng.net) – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti rencananya Rabu (20/9) besok akan menyerahkan bantuan alat penangkapan ikan (API) ramah lingkungan sebanyak 234 unit pengganti cantrang pada nelayan di Jawa Tengah.

Jumlah tersebut adalah bagian dari API bantuan pemerintah pusat ke nelayan di Jateng sejumlah 2.431 unit tahun ini.

Pemberian alat penangkap ikan ramah lingkungan oleh Menteri Susi akan dilaksanakan di Balai Besar Penangkapan Ikan (BBPI) Jl Yos Sudarso, Kalibaru Barat, Tanjung Mas, Kota Semarang.

“Besok Bu Menteri Susi akan menyerahkan 234 unit alat tangkap ke nelayan Jateng. Nelayan itu tersebar di lima kabupaten dan kota itu Batang, Kendal, Demak, Jepara, dan Kota Semarang,” kata Kepala Sinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jateng, Lalu M Syafriadi, Selasa (19/9).

Dijelaskannya, 234 unit API itu terdiri dari Gillnet permukaan sejumlah 192 unit, gillnet dasar 1 unit dan Bubu 41 unit.

Lalu mengungkapkan, total alokasi bantuan untuk Jateng sebanyak 2.341 unit. Sampai saat ini yang sudah diserahkan ada sejumlah 690 unit (sudah termasuk yang akan diserahkan langsung oleh Menteri Susi).

“Jadi sisa bantuan yang on going proses 1.651 unit yang akan diselesaikan sampai dengan bulan November 2017,” katanya.

Namun demikian, lanjutnya, alokasi untuk Jateng masih dapat ditambah. Caranya adalah Bupati dan Wali Kota mengusulkan daftar calon penerima disertai data by name by adress.

Mengingat, di Jateng sesuai data yang DKP Provinsi Jateng miliki ada sejumlah 5.199 kapal ukuran di bawah 10 GT yang sebelumnya menggunakan cantrang dan alat tidak ramah lingkungan lainnya. Mereka telah memiliki kartu BBM yang datanya juga lengkap yakni terdapat by name by adress.

“Untuk wilayah Jateng bagian barat (Cilacap, Brebes, sampai Kendal) yang sebanyak 2.837 unit dan Jateng timur (Rembang sampai Semarang) ada 2.362 unit,” katanya.

Ia menambahkan, selain menyerahkan API, Menteri Susi juga akan menyerahkan klaim asuransi nelayan kepada ahli waris. Selain itu juga melakukan pelepasan truk pengangkut bantuan API ramah lingkungan ke masing-masing lokasi penerima.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo berharap, Kementerian Kelautan dan Perikanan memberi bantuan pada semua nelayan pemilik kapal yang kini alat tangkapnya dinilai melanggar aturan, karena tak ramah lingkungan.

“Saya mintanya sih 100 persen dikasih,” katanya.

Sementara untuk kapal di atas 10 GT, lanjutnya, masih dipersiapkan mengenai skema instrumen perbankan untuk memberikan modal. Karena biasanya pemilik kapal besar masih terkendala di administrasi perbankan, sebab mereka masih memiliki hutang pada bank.

“Akan direstrukturisasi. Entah (pinjaman dan cicilan) harian, mingguan, atau bulanan. Ini upaya fasilitas kita yang kita berikan pada mereka sehingga ketika bermigrasi pada alat tangkap baru tetap bisa dapat hasil yang lebih,” katanya.

(NK)