Home Headline Qurban DPD PDI perjuangan Jateng Disalurkan Melalui PAC PAC

Qurban DPD PDI perjuangan Jateng Disalurkan Melalui PAC PAC

360

SEMARANG, 31/7 (beritajateng.net) – DPD PDI perjuangan Provinsi Jawa Tengah pada peringatan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah kali ini melaksanakan qurban dengan menyembelih 12 ekor sapi dan 2 ekor Kambing. Daging qurban kali ini dibagikan melalui PAC PAC yang ada di Kota Semarang.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jateng, Bambang Kusriyanto mengatakan, karena masih dalam masa pandemi covid-19, teknis penyembelihan dan pendistribusian daging kurban dilakukan secara berbeda.

”Seluruh hewan qurban disembelih di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Penggaron Semarang. Selanjutnya daging kurban didistribusikan ke 16 PAC se-Kota Semarang,” ujarnya, sebelum melepas mobil distribusi daging kurban di Panti Marhaen, Jumat (31/7/2020).

Pria yang akrab disapa Bambang Kribo ini menambahkan, pihaknya tak membagikan daging kurban secara langsung ke masyarakat. ”Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini tidak dibagikan langsung di jPanti Marhaen. Sebab dengan cara itu, protokol kesehatan sulit dilaksanakan,” kata Ketua DPRD Jateng itu.

Sebanyak 12 sapi qurban itu berasal dari Ketua DPD PDI Perjuangan Jateng Bambang Wuryanto (dua ekor), Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jateng Bambang Kusriyanto, DPD PDI Perjuangan Jateng serta Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jateng;

Selain itu ada pula dari Ketua Komisi D DPRD Jateng Alwin Basri, Ketua Komisi C DPRD Jateng Asfirla Harisanto, anggota Komisi C DPRD Jateng Abang Baginda, anggota Komisi C DPRD Jateng Maria Tri Mangesti, anggota DPR RI Dede Indra Permana, anggota DPD RI Casytha Arriwi Kathmandu, dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Sementara dua ekor kambing masing-masing dari anggota DPRD Jateng Sulistyorini dan kader PDI Perjuangan Seto.

Ketua Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) Jateng, Ali Akhsun menambahkan pendistribusian kurban dilakukan dengan cara berbeda, karena pihaknya tak ingin memunculkan klaster baru covid-19. Seluruh panitia kurban juga telah menjalani rapid test sebelum bertugas.

”Kami siapkan empat mobil pikap dan satu mobil boks, untuk mengirim daging kurban ke 16 PAC Kota Semarang. Selain itu juga, ke beberapa pondok pesantren, panti asuhan, dan warga yang membutuhkan selama di perjalanan,” ungkapnya.

Dikatakannya, jumlah hewan qurban tahun ini hampir dua kali lipat dari tahun sebelumnya. Pada Idul Adha tahun lalu, DPD PDI Perjuangan Jateng berkurban tujuh ekor sapi.

”Ini pecah rekor. Pertimbangannya karena ada pandemi covid-19, lebih banyak orang yang membutuhkan, sekaligus banyak juga yang peduli berkurban,” tukas Ali.

(NK)