Home Headline Quick Count LSI Danny JA, Ganjar – Yasin 58,79 SS – Ida...

Quick Count LSI Danny JA, Ganjar – Yasin 58,79 SS – Ida 41,21 Persen

164
0

SEMARANG, 27/6 (Beritajateng.net) – Berdasar Quick Count yang dilakukan dalam Pilgub 2018, lingkaran Survey Indonesia (LSA) Danny JA menyimpulkan pasangan Ganjar Pranowo – Taj Yasin Maimoen unggul atas Sudirman Said – Ida Fauziyah dengan perolehan sebesar 58,79 Persen berbanding dengan 41,21 persen.

Direktur Eksekutif LSI Sunarto Ciptoharjono menjelaskan, quick count pilgub jateng hasilnya tidak jauh beda dengan hasil survei terakhir sebelum pencoblosan.

“Hasil quick count Ganjar-Taj Yasin menang di angka 58.79 persen dan Sudirman-Ida di angka 41.21 persen. Kalau dilihat angka tersebut tidak terlalu jauh dengan survei sebelumnya yaitu ganjar mempunyai elektebilitas mencapai 53.65 persen,” jelasnya di Grand Candi Hotel, Semarang, Rabu (27/6).

Sunarto menjelaskan, Ganjar Pranowo dan Taj Yasin bisa menang pada Pilgub 2018 ini ada beberapa faktor, salah satunya adalah popularitasnya tinggi.

“Kenapa menang, karena sejak awal popularitasnya lebih tinghi dari Sudirman Said. Yang kedua masyarakat puas atas kinerja Ganjar. Dan yang ketiga adalah persepsi bahwa Ganjar lolos dari kasus E-Ktp,” katanya.

Yang menarik dari perolehan suara hari ini, lanjutnya, suara Sudirman – Ida bisa mencapa 41.21 persen yang sebelumnya elektebilitas hanya di angka 33.0 persen.

“Yang cukup menarik adalah pasangan sudirman said dan ida, meraup migrasi suara yang sebelumnya elektebilitasnya hanya 33.0 persen,” ungkapnya.

Menurutnya, migrasi suara ke Sudirman Said tersebut bukan menggerus suara Ganjar – Yasin tetapi migrasi dari swing votter akibat dari agresifnya tim kampanye Sudirman – Ida di hari hari terakhir jelang coblosan.

“Pergerakan suara swing votter tidak terdistribusi normal. Mereka berverak massif ke Sudirman – Ida,” bebernya.

Atas peroleh suara berdasar quick count yang dilakukan LSI, Sunarto mengucapkan selamat kepada pasangan Ganjar – Yasin yang keluar sebagai pemenang dalam Pilgub Jateng 2018.

(NK)