Pupuk Nasionalisme Dengan Lomba Mewarnai Garuda  

Anggota DPR RI Komisi X Mujib Rahmat saat bermain bersama anak-anak di Lomba  Mewarnai Garuda Pancasila di Aula Eks Kawedana Kaliwung.
                KENDAL, 26/8/2017 (BeritaJateng.net) — Banyak cara bisa dilakukan untuk mengenalkan nasionalisme atau cinta tanah air sejak dini. Seperti dilakukan Pengurus Anak Cabang (PAC) Muslimat Nahdatul Ulama (NU) Kecamatan Kaliwungu. Yakni dengan menggelar lomba mewarnai lambang negara ‘Garuda Pancasila’.
             Lomba tersebut diperuntukkan anak-anak usia Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-kanak (TK). Lomba yang diikuti oleh ratusan siswa KB/TK Muslimat NU di Kaliwungu itu digagas oleh Anggota DPR RI Komisi X, Mujib Rahmat.
              Mujib yang merupakan warga asli Kaliwungu mengatakan, sengaja menggelar lomba tersebut untuk mengenalkan dasar negara kepada anak sejak dini. “Sehingga kelak ketika anak-anak tersebut dewasa bisa tumbuh rasa nasionalisme,” katanya, Sabtu (26/8/2017).
                Menurutnya, menumbuhkan rasa cinta tanah air merupakan pendidikan yang wajib diajarkan kepada anak. Tidak hanya oleh sekolah maupunn guru, tapi juga orang tua dan seluruh lapisan masyarakat.
                 Sebab timbulnya masalah perpecahan di Indonesia, lantaran tidak ada rasa memiliki Indonesia atau rasa cinta tanah air. Sehingga yang ada generasi muda sekarang ini mudah diadu domba dan dipecah belah.
               “Dengan lomba ini, harapan kami anak-anak akan mehamami lambang negara, sekaligus transfer pengetahuan tentang sejarah kemerdekaan RI yang dibangun diatas keberagaman. Anak-anak memahami keberagaman adalah rahmat Tuhan,” tandasnya.
              Kepala UPTD Disdikbud Kecamatan Kendal, Suharno mengatakan jika, lomba tersebut menurutnya sangat sederhana. Tapi hasilnya bisa luar biasa. Sebab tidak hanya memacu kreativitas siswa saja, tapi membangun rasa cinta tanah air.
                 Dalam lomba terebut, anak-anak tidak hanya diajak lomba mewarnai, tapi juga diadakan permainan tebak-tebakan, menghafal Pancasila, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya serta permainan lainnya yang memupuk nasionalisme. “Harapan kami, lomba ini bisa digelar rutin. Tidak hanya untuk TK Muslimat, seluruh TK di Kaliwungu bisa mengikuti lomba ini,” katanya. (Sty/el)

Tulis Komentar Pertama