Home Hukum dan Kriminal Puluhan TKI Diamankan Dari Rumah Penampungan

Puluhan TKI Diamankan Dari Rumah Penampungan

Puluhan TKI yang diamankan pihak kepolisian dari rumah penampungan di Plamongan Sari, Semarang, Rabu (17/12). foto : Hl/Beritajateng.net

Semarang, 17/12 (Beritajateng.net) – Puluhan tenaga kerja Indonesia (TKI) wanita diamankan dari sebuah rumah penampungan di kawasan Plamongan Sari, Semarang. Mereka diamankan, karena pihak kepolisian mendapatkan laporan tentang keberadaan rumah penampungan pekerja wanita yang tidak sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Contohnya, dari puluhan calon pekerja yang akan dikirim ke luar negeri itu, masih ada yang diduga berusia dibawah umur. Ini jelas sudah tidak sesuai dengan peraturan yang ditetapkan pemerintah. Belum lagi masalah prosedural terkait kelengkapan dokumen, uang seharusnya sudah dilengkapi, baik oleh perusahaan yang merekrut mereka atau kelengkapan surat atau dokumen para pekerja itu.

Mendapati laporan itu, hari ini, Rabu (17/12) pihak Polrestabes Semarang langsung mendatangi lokasi penampungan dengan nama perusahaan PT Tegar Sukses Abadi. Sedikitnya sekitar 60 TKI diamankan petugas kepolisian dari Polrestabes Semarang. Mereka diangkut menggunakan truk dalmas dan digelandang ke Mapolrestabes Semarang. Mereka nantinya akan diperiksa oleh penyidik kepolisian.

Ke 60 TKI ini, ditampung di rumah penampungan milik PT Tegar Sukses Abadi, dikawasan Jalan Plamongan Sari, Kelurahan Plamongan, Kecamatan Pedurungan,Kota Semarang, Jawa Tengah.

Rencananya mereka akan dikirim ke Malaysia, Hongkong dan Singapura. Namun mereka kini harus menunda dulu rencana keberangkatan ke luar negeri itu. Pasalnya polisi menemukan beberapa pelanggaran yang cukup yang membuat mereka batal bekerja di luar negeri. Dugaan pemalsuan data para calon TKI ini, juga menjadi perhatian khusus pihak kepolisian.

Sementara ini, belum ada keterangan resmi dari pihak kepolsian ataupun pihak perusahaan yang menampung para TKI yang kesemuanya adalah perempuan. (HL/pj)