Puluhan Sekolah Ikuti Lomba Debat Bahasa Indonesia SMA N3 Semarang

    235
    0
    Penyerahan tropi dan hadiah kepada juara lomba debat Bahasa Indonesia SMA Negeri 3 Semarang
             Semarang, 3/10 (BeritaJateng.net) – Sebanyak 32 tim dari 20 SMA dan SMK se Jawa Tengah mengikuti lomba debat Bahasa Indonesia bertajuk Gema Mitra Pelajar (GMP) 2018 yang diselenggarakan SMA Negeri 3 Semarang sejak Minggu (23/9) dan telah melalui berbagai tahap penyisihan.
           Lomba debat yang merupakan agenda dua tahunan SMA Negeri 3 Semarang yang dilaksanakan oleh FDI (forum diskusi ilmiah) SMA 3 Semarang. Lomba debat ini telah digelar sebanyak 14 kali baik ditingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).
             Ketua Panitia Lomba debat Bahasa Indonesia Gema Mitra Pelajar (GMP) 2018 tingkat SMA/SMK/sederajat se-Provinsi Jawa Tengah, Achmad Choirul Huda mengatakan bahwa lomba debat ini dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT Forum Diskusi Ilmiah (FDI) dan HUT SMA 3 semarang ke 141 tahun, sehingga GMP ini masuk ke dalam salah satu dari runtutan acara menjelang ulang tahun SMA 3 Semarang yang diberi nama Technochrome.
             “Gema Mitra Pelajar 2018 tahun ini mengambil tema ‘Menuju Indonesia Emas’ dan berjargon ‘Hargai Argumentasi, Berani Mengabdi Untuk Negeri’. Harapannya dari lomba GMP ini, kita sebagai generasi muda mampu memberikan andil dan perannya untuk mengabdi kepada negeri, yang dimulai dengan mampu berargumentasi secara bertanggung jawab,” ujar siswa kelas XII MIPA 6 ini.
             Menurut Huda, sapaan akrabnya, peserta lomba debat ini terdiri dari 32 tim dari 20 SMA dan SMK se Jawa Tengah. “Tidak hanya dari Kota Semarang, turut hadir pula peserta dari Kabupaten Demak, Grobogan, Rembang, Kota Surakarta, Magelang, Klaten, Purworejo, dan Wonosobo,” imbuh Huda.
            Tak hanya lomba debat, ada pula seminar yang diisi oleh Osadhani dari Dynamic Learning dan Dania sebagai juara 1 Lomba Debat Nasional yang membahas bagaimana generasi muda harus bersiap untuk menjadi penerus bangsa. “Ada juga lomba foto di 3D photobooth dan Saga Bhinatika, yaitu pemberian opini yang ditulis oleh peserta tentang pandangan mereka mengenai Indonesia Emas di masa yang akan datang,” lanjutnya.
           Setelah melalui proses penyisihan dan perlombaan yang panjang, tim debat dari SMA Negeri 1 Semarang akhirnya berhasil menyabet tropi juara 1 dan berhak mendapatkan uang pembinaan Rp. 3.500.000.
           Selanjutnya, juara 2 diperoleh tim Debat SMAK YSKI dan Juara 3 diperoleh tim Debat SMAN 1 Wonosobo. Serta pembicara terbaik yaitu atas nama Vinsensius Marchellino Rotoro dari SMAN 1 Semarang. “Total hadiah Rp. 8.000.000. Untuk pemenang lomba inovasi, 3D photobooth, saga bhinatika, dan best participant diberikan hadiah berupa novel,” katanya. (El)

    WordPress database error: [MySQL server has gone away]
    SELECT SQL_CALC_FOUND_ROWS brtjtg_posts.ID FROM brtjtg_posts LEFT JOIN brtjtg_term_relationships ON (brtjtg_posts.ID = brtjtg_term_relationships.object_id) WHERE 1=1 AND brtjtg_posts.ID NOT IN (83549) AND ( brtjtg_term_relationships.term_taxonomy_id IN (10,11,2408,2991) ) AND brtjtg_posts.post_type = 'post' AND ((brtjtg_posts.post_status = 'publish')) GROUP BY brtjtg_posts.ID ORDER BY brtjtg_posts.post_date DESC LIMIT 0, 6

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here