Home Headline Puluhan Sekolah di Pekalongan Rawan Banjir

Puluhan Sekolah di Pekalongan Rawan Banjir

image
Ilustrask

Pekalongan, 9/1 (Beritajateng.net) – Sebanyak 42 gedung sekolah di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, rawan terendam banjir sehingga kepala sekolah diharapkan dapat mengambil langkah-langkah antisipasi.

Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Pekalongan Umaidi di Pekalongan, Jumat, mengatakan meski hingga kini belum sampai ada sekolah yang terendam banjir, pihak sekolah perlu waspada kemungkinan terjadinya bahaya banjir.

“Intensitas hujan yang relatif tinggi bisa berpotensi merendam sekolah-sekolah di wilayah dataran rendah. Oleh karena itu, kami imbau pada sekolah bisa mengambil langkah antisipasi,” katanya.

Beberapa gedung sekolah yang terandam banjir tersebut, antara lain berada di wilayah Kecamatan Tirto, Siwalan, Wonokerto, dan Buaran,.

Ia mengatakan upaya antisipasi dapat berupa pengamanan alat-alat sekolah, seperti buku-buku pelajaran dan komputer.

“Kami instruksikan kepada para kepala sekolah, khususnya yang berada di wilayah potensi banjir supaya mengamankan alat-alat sekolah agar tidak rusak akibat banjir,” katanya.

Pemkab juga minta kepada para kepala sekolah di daerah rawan banjir agar melaksanakan program piket karena banjir bisa datang setiap saat, terutama saat hujan deras.

“Kita tahu, memasuki awal tahun dengan curah hujan yang tinggi ini banjir bisa datang sewaktu-waktu bahkan bisa terjadi di luar jam kerja atau saat malam hari. Oleh karena itu, kami mengimbau pada kepala sekolah dapat melaksanakan program piket agar sedini mungkin mengantisipasi dampak banjir di sekolah,” katanya.(Ant/Bj02)