Home Lintas Jateng Puluhan Rumah di Blora Terendam Banjir 

Puluhan Rumah di Blora Terendam Banjir 

340
0
Puluhan Rumah di Blora Terendam Banjir 
        BLORA, 12/3 (BeritaJateng.net) – Sebanyak 30 rumah di desa jagong kecamatan kunduran kabupaten Blora terendam banjir Senin pagi (11/3/2018). Ketinggian air bervariasi antara 30 cm sampai 1 meter. Aktivitas warga pun menjadi terganggu karena akses jalan tidak bisa dilewati.
        Menurut Siti Mahmudah salah seorang warga, banjir terjadi sekitar pukul 04.00 WIB. Air berasal dari sungai kecil yang berada di sebelah timur desa. Kondisi hujan deras membuat sungai tidak mampu menampung debit air sehingga meluber ke pemukiman.
         “Air berasal dari bendungan Karanggeneng yang meluap. Hampir satu desa tergenang dengan ketinggian bervariasi,” terang Siti Mahmudah.
        Menurutnya banjir di daerah ini hampir setiap tahun terjadi. Namun banjir kali ini merupakan yang paling parah. Ketinggian air mencapai 1 meter hingga masuk ke rumah-rumah warga.
         “Ini (banjir) paling besar, biasanya hanya jalan saja yang terendam, namun kali ini banyak rumah yang kemasukan air,” ungkapnya.
        Warga lain, Sumari mengungkapkan, akibat banjir rumahnya kemasukan air setinggi 30 cm. Ia bahkan harus menggunakan pompa diesel untuk menguras air keluar rumah. “Kemasukan semua, saya pakai diesel pak untuk menguras air,” tuturnya.
         Banjir di desa jagong kecamatan kunduran terjadi hampir setiap tahun. Warga berharap agar pemerintah kabupaten segera melakukan perbaikan sungai yang mengalami pendangkalan.
        “Ini karena rawa-rawa itu lho pak disebelah buntu (tersumbat) trus air tumpah ke arah sini (perkampungan),” tandas Sumari.
(MN/El)