Home Lintas Jateng Puluhan Praktisi Pendidikan Demak Ikuti Bimtek Pendidikan Keluarga

Puluhan Praktisi Pendidikan Demak Ikuti Bimtek Pendidikan Keluarga

3445
0
Puluhan Praktisi Pendidikan Demak Ikuti Bimtek Pendidikan Keluarga.

Demak, 19/4 (BeritaJateng.net) – Sebanyak lima puluh praktisi pendidikan di Kabupaten Demak, mengikuti Bimbingan Teknis Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga yang dilaksanakan oleh bidang PAUD Dikmas Dindikbud Demak, 16 -19 April 2018 di Hotel Amantis.

Puluhan praktisi pendidikan dari Pengawas SD danTK, Kepala SMP, komite sekolah, staf pelaksana Dindikbud, PKBM hingga mitra PAUD.

Mereka terlihat proaktif tiap sesi pembahasan materi yang disampaikan narasumber, baik narasumber pusat maupun lokal.

Dalam paparan kebijakan Dinas Pendidikan, Kepala Dindikbud Demak, Anjar Gunadi menyatakan bahwa pembentukan karakter anak adalah tanggung jawab bersama, tidak hanya oleh guru di sekolah melainkan juga orang tua di rumah.

“Buatlah anak senyaman mungkin di rumah. Orang tua jangan sibuk main HP terus, sampai terlena, lupa memberi kasih sayang kepada anak anaknya,” pesan Anjar.

Menurutnya, anak anak yang kurang kasih sayang di rumah bisa mencari pelampiasan di luar rumah, hingga kemungkinan akan terjerumus ke hal negatif.

“Untuk membentuk karakter anak itu bukan hanya dengan ceramah hingga berbusa busa, lebih penting adalah keteladanan,” ungkap Anjar.

Lebih jauh Anjar mengemukakan bahwa , selain pendidikan keluarga sebagai dasar, peran sekolah juga penting dalam membentuk karakter anak.

“Secara formal sekolah seharusnya membekali anak dengan bimbingan moral, sikap saling menghargai, menyosialisasikan peraturan sosial, melatih mental, memberi kepercayaan kepada orang lain, tanggung jawab dan sebagainya,” tegas Anjar.

Senada dengan Kepala Dinas Pendidikan Demak, Bupati Demak, HM Natsir juga menyampaikan bahwa Pendidikan pertama dan utama sebagai fondasi berasal dari keluarga.

“Rasulullah saja mencontohkan kasih sayang dan perhatian terhadap cucu cucunya. ” Ucap Natsir dalam sambutannya.

Sementara itu, Afida Aspar, Kabid PNF selaku pelaksana teknis bintek menyatakan tujuan utama Penyelenggaraan pendidikan keluarga supaya terwujud pendidikan yang aman, nyaman dan menyenangkan bagi anak berkat sinergitas antara keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat. (El)