Home Headline Puluhan Penghuni Lokalisasi di Blora Jalani Tes HIV Aids 

Puluhan Penghuni Lokalisasi di Blora Jalani Tes HIV Aids 

339
0
Penghuni Lokalisasi di Blora Jalani Tes HIV Aids 
       BLORA, 11/4 (BeritaJateng.net) –  Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial P3A melakukan penyuluhan dan tes HIV Aids kepada puluhan warga lokalisasi kampung baru di kecamatan jepon, Blora Rabu (11/4/2018).  Petugas memeriksa satu per satu warga lokalisasi untuk dites darahnya.
      Kepala Bidang Pencegahan Penanggulangan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Permukiman (P3PLP) Dinas Kesehatan Blora, Edi Sucipto melalui Kepala Seksi (Kasi) Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit, Sutik mengatakan, kegiatan ini sangat baik dan tentu sangat bermanfaat bagi warga yang ada di lokalisasi.
       “Ini sangat penting bagi mereka, terlebih HIV/AIDS bisa kapanpun terjangkit pada siapapun,” ujarnya.
       Sutik menjelaskan, selain sosialisasi ini pihaknya juga secara berkala melakukan Klinik VCT dan mendata kalangan masyarakat yang berisiko tinggi terinfensi HIV.
       “Kami selalu monitoring, sehingga kami nantinya bisa mengetahui mana yang teridentifikasi HIV/AIDS dan mana yang tidak,” imbuhnya.
       Di tahun 2018 hingga bulan April ini, lanjut Bu Sutik, setidaknya ada 40 orang sudah positif terkena HIV/AIDS. “Setiap tahun ada kenaikan yang signifikan, hal ini terlihat dari data tahun ke tahun. Tahun 2016 lalu 91 orang terkena HIV AIDS, 2017 sebanyak 142 orang dan 17 orang di antaranya meninggal dunia,” jelasnya.
       Untuk mengantisipasi, pihaknya terus melakukan pendekatan untuk dilakukan pemeriksaan secara berkala.
       Sementara itu Ratna Wulandari, salah satu warga lokalisasi merasa senang dengan adanya sosialisasi HIV/AIDS, ia berharap kedepan bisa di lakukan lagi.
       “Tadi tesnya cuma di ambil sempel darah, itu juga tidak sakit, semoga kegiatan ini bisa berkelanjutan,” terangnnya.
(MN/EL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here