Home Lintas Jateng Puluhan Mahasiswa Gelar Aksi Tolak RUU KPK

Puluhan Mahasiswa Gelar Aksi Tolak RUU KPK

Aksi demo di jalan Pahlawan Semarang menolak revisi UU KPK
Aksi demo di jalan Pahlawan Semarang menolak revisi UU KPK
Aksi demo di jalan Pahlawan Semarang menolak revisi UU KPK

Semarang, 8/10 (BeritaJateng.net) – Kelompok masyarakat dan puluhan mahasiswa melakukan aksi demo menolak Revisi UU terhadap KPK di jalan Pahlawan Semarang, Kamis (8/10) siang.

Aksi ini merupakan bentuk kekecewaan mereka dengan adanya revisi rancangan undang undang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Menurut mereka dengan adanya Revisi UU KPK tersebut sangat membatasi kinerja Lembaga pemberantasan korupsi di Indonesia.

Aksi penolakan RUU KPK tersebut berlangsung damai, dengan membawa kertas dengan bertulisan Save KPK sembari membawa kayu nisan bertuliskan RIP KPK dan kemudian membakar kertas bertulis Revisi RUU KPK.

Salah seorang Mahasiswa Unnes, Hanindia selaku koordinator aksi demo penolakan RUU KPK ini menjelaskan bahwa pihaknya sangat tidak setuju dengan adanya RUU KPK dari DPR.

“Masih banyak sekitar 70 persen masyarakat menginginkan lembaga KPK tetap berdiri sebagai pemberantas korupsi. Kami mengatasnamakan masyarakat sipil dan mahasiswa sangat menolak keras dengan adanya RUU KPK yang diusulkan oleh DPR,” jelasnya.

Lanjutnya, ada point-point yang penting seperti penyadapan akan dihilangkan, jelas ini dapat menghambat kinerja pemberatasan korupsi di Indonesia. Dan selama ini bukti-bukti dari pemberantasan korupsi yakni melalui rekaman penyadapan tersebut.

“Ada pula pembatasan kinerja KPK yang hanya berumur 12 tahun saja, ini sangat melemahkan KPK untuk dapat bertindak memberantas korupsi di Indonesia. Dan banyak masyarakat menginginkan KPK untuk sebagai lembaga yang  memberantas korupsi, dan KPK masih menjadi lembaga yang  terpercaya bagi masyarakat selama ini,” tambahnya usai melangsungkan aksi demo di jalan Pahlawan Semarang.(BJ06)