Home Hukum dan Kriminal Puluhan Liter Miras Oplosan Disita

Puluhan Liter Miras Oplosan Disita

image

Kendal, 09/12 (Beritajateng.net) – Guna mengantisipasi timbulnya korban akibat mengkonsumsi minuman keras (miras) oplosan, Polres Kendal menyita dua jerigen berisi 10 liter yang diduga sejenis dengan minuman haram tersebut. Selain itu, 10 botol miras vodka juga disita dari sejumlah tempat.

Kapolres Kendal, AKBP Harryo Sugihhartono mengatakan pihaknya segera melakukan tindakan pencegahan setelah maraknya pemberitaan mengenai miras oplosan yang mengakibatkan korban jiwa. Tindakan tersebut berupa razia yang dilakukan jajaran polres di sejumlah tempat yang dicurigai menjual minuman keras.

”Razia dilakukan setelah kami menerjunkan tim penyelidikan. Jika sudah terbukti benar menjual, maka akan kami tindak lanjuti. Sementara hasilnya belum maksimal. Namun kami akan terus melakukan razia miras,” ujarnya disela-sela serah terima jabatan Wakapolres Kendal dari Kompol Mulyawati Syam ke Kompol Nicholas Dedi Arifianto.

Menurut Harryo, tim penyelidikan harus diterjunkan terlebih dahulu, karena mereka menjual miras secara sembunyi-sembunyi. Sebagian besar dari mereka menyamar menjadi warung sembako dan warung makan untuk menjual minuman haram tersebut. “Kami harus melakukan operasi tersembunyi agar dapat menangkap pelaku dan menyita miras yang diperdagangkan. Miras-miras yangkami sita nantinya akan kami musnahkan,”lanjutnya.

Sedangkan Pelaku, imbuh Harryo, akan ditindak dengan sanksi pidana berupa tindak pidana ringan (tipiring). “Pelaku harus ditindak sebagai upaya membuat para pedagang miras di Kendal jera. Memang pelaku dihukum maksimal tiga bulan dan dikenai sanksi berupa denda,”pungkasnya.(DK/pj)