Home Hiburan Puluhan Bhe Koen Kawal Kirab Patung Laksamana Cheng Ho

Puluhan Bhe Koen Kawal Kirab Patung Laksamana Cheng Ho

661

4

Semarang, 14/8 (Beritajateng.net) – Ribuan umat Konghuchu melaksanakan acara kirab patung Kongco Sam Poo Tay Djien atau biasa dikenal dengan laksamana Cheng Ho, kirab ini dikawal oleh puluhan pasukan berkuda khusus yang biasa disebut dengan Bhe Koen.

Bhe Koen  atau  pengawal pasukan berkuda mempunyai ciri khas tersendiri dengan wajah yang di coret-coret, sebagai hiasan.

Salah satu Bhe Koen Ibu Sablah (50) menuturkan bahwa sudah sejak 28 tahun yang lalu menjadi Bhe Koen. “Perasaan senang dan bangga selalu ada, apalagi kita para Bhe Koen bisa menjadi salah satu pelengkap kirab budaya ini,” ujarnya.

Menurutnya, pada perayaan kirab patung Kongco Sampoo Tay tahun ini jumlah pengunjungnya menurun dibandingkan tahun lalu, yang lebih ramai.

Kirab ini selalu dilakukan satu tahun sekali, untuk memperingati kedatangan Laksamana Cheng Ho ke tanah jawa, Cheng Ho tiba di Semarang bulan ke 6 tanggal 30 penanggalan China 610 tahun.

Selain iring-iringan pasukan berkuda dan Bhe Koen, ada juga berbagai kesenian tradisional China, seperti Ular Naga, Barongsai, Serta drum band dari TNI AD Yon Arhanudse 15/Kodam IV/Diponegoro dan tim kesenian Naga Doreng yang mengiringi kirab.

Pengurus klenteng Mulyadi Setiakusuma mengungkapkan, tradisi kirab budaya peringatan kedatangan Cheng Ho sudah dilakukan sejak ratusan tahun lalu.

Mulyadi menambahkan, Kirab budaya  ini untuk menghormati sosok Laksamana Cheng Ho yang berpengaruh di Jawa Tengah khususnya Semarang.

“Yang pelaksanaannya berdasarkan penanggalan kalender Tionghoa. Ini bentuk ritual menunjukkan besarnya Laksamana Cheng Ho bagi masyarakat Semarang, Jawa Tengah,” imbuhnya.

Ia juga mengatakan, ritual tersebut sudah mendapat perhatian pemerintah mulai dari Pemkot, Pemprov, hingga kementerian Pariwisata. Pemerintah mulai melihat ini sebagai aset budaya yang patut di kembangkan.(MG-3)