Home Headline Puan Maharani Peroleh Gelar Doktor (HC)

Puan Maharani Peroleh Gelar Doktor (HC)

524

SEMARANG,14/2 (Beritajateng.net) – Ketua DPR RI Puan Maharani, Jumat siang menerima penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa (HC) di bidang Kebudayaan dan Kebijakan Pembangunan Manusia dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. Penganugerahan gelar Doktor HC ini merupakan yang ke 13 selama berdirinya Undip.

Rektor Undip Yos Johan Utama mengatakan, Puan Maharani merupakan sosok yang konsisten dalam membuat kebijakan kebijakan untuk kesejahteraan bangsa dan negara serta umat manusia.

“Dari hasil penelaahan dan ujian, Dr (HC) Puan Maharani terbukti signifikan melakukan tindakan tindakan terhadap kemajuan, kemakmuran dan kesejahteraan bangsa, negara dan umat manusia,” ungkapnya dalam pidato Rektor, di Gedung Prof Soedarto.

Dengan kondisi tersebut, lanjut rektor, Ketua DPR RI yang memiliki nama lengkap Puan Maharani Nakshatra Kusjala Devi dinyatakan layak untuk menyandang gelar Doktor Honoris Causa.

“Setelah melalui serangkaian penelaahan, pengkajian, pengujian, terukur, kredibel dan akuntabel, Senat Akademik Undip bersepakat bulat menyetujui Ibu Puan Maharani Nakshatra Kusjala Devi patut dan layak menyandang gelar Doktor Honoris Causa,” tegasnya.

Sementara itu dalam Orasi Ilmiah usai penganugerahan gelar Doktor, Puan Maharani mengatakan, dia menerima penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa ini sebagai bentuk komitmen dan tanggungjawab membangun bangsa dan negara.

“Setelah melalui pertimbangan yang matang saya putuskan untuk menerima tawaran penganugerahan Doktor Honoris Causa sebagai bentuk komitmen dan tanggungjawab membangun bangsa dan negara,” katanya.

Puan menjelaskan, pertimbangan yang dijadikan salah satu alasan menerima gelar tersebut didasarkan melalui sebuah perenungan, keprihatinan dan perhatiannya setelah melihat perkembangan aktual yang terjadi masyarakat kita.

“Semakin tergerus dan terkikisnya kebudayaan Indonesia yang berlandaskan pada jiwa Bangsa Indonesia,” katanya.

Salah satu contoh jelas yang hampir semua keluarga Indonesia mengetahui adalah hadirnya Gadget telah merubah mental dan gaya hidup anak anak sekarang. Karena dengan gadget informasi apapun bisa diperoleh dari sana.

“Budaya yang terdistribusikan melalui Gadget kebanyakan merupakan fenomena fenomena baru yang kalau tidak disikapi dengan baik, bisa mengancam eksistensi bangsa. Sebagian besar tayangan di media sosial tidak mengandung nilai nilai budaya bangsa sendiri.

Acara penganugerahan gelar Doktor (HC) dihadiri oleh Presiden RI ke 5 (Hj, Megawati Suarnoputri, Mantan Wapres Jusuf Kalla, Gubernur Jawa Tengah dan Walikota Semarang Hendrar Prihadi, Ketua DPRD Jateng Bambang Kusriyanto, jajaran Menteri Kabinet Kerja dan segenap Civitas Akademika Undip.

(NK)