Home Headline PTM di Semarang Mulai Ada Penambahan Jam Pelajaran

PTM di Semarang Mulai Ada Penambahan Jam Pelajaran

Wali Kota Semarang mengecek prokes di hari pertama PTM di SMPN 12 Semarang

Semarang, 26/11 (BeritaJateng.net) – Dinas Pendidikan Kota Semarang mengijinkan penambahan jam pelajaran saat Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Gunawan Saptogiri mengatakan, saat ini beberapa sekolah sudah menerapkan penambahan jam pelajaran menjadi enam jam pelajaran dalam sehari. Sebelumnya, siswa setiap hari menerima empat jam pelajaran saja.

“Aturan ini sudah kami sampaikan ke sekolah negeri dan swasta. Pada prinsipnya, silakan menambah jam pelajaran, tapi kalau memang belum bisa tidak masalah. Ini disesuaikan dengan kondisi masing-masing sekolah,” ungkapnya, Kamis (25/11/2021)

Gunawan lebih lanjut mengungkapkan , jika Disdik juga memperbolehkan siswa untuk beristirahat seiring dengan perpanjangan jam pelajaran, namun hanya diizinkan makan minum di dalam kelas dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Misal, istirahat makan dikasih waktu seperempat jam tidak apa-apa, tetap pakai prokes,” katanya

Sementara itu, untuk penambahan hari, hingga hari ini belum ada penambahan hari untuk PTM. PTM hingga saat ini masih dilakukan dua hari dalam satu minggunya.

Namun, kedepan ada rencana untuk menambah jumlah hari pertemuan menjadi tiga hari dalam seminggu di bulan Desember mendatang.

“Kalau sudah memungkinkan Desember bisa kami tambah harinya, tapi tetap disesuaikan kondisi sekolah,” tuturnya.

Gunawan menghimbau, pengawasan protokol kesehatan harus terus dipantau oleh wali kelas dan guru kelas masing-masing, baik saat jam pelajaran maupun saat jam istirahat. Bahkan Satgas Covid-19 di tingkat sekolah juga masih terus berjalan hingga saat ini. (Ak/El)