Home Ekbis PT Pelni Siapkan Tiga Kapal Tambahan Hadapi Arus Mudik dan Balik Lebaran

PT Pelni Siapkan Tiga Kapal Tambahan Hadapi Arus Mudik dan Balik Lebaran

215
Para penumpang menaiki kapal di Pelabuhan Tanjung Mas Semarang.

Semarang, 22/5 (BeritaJateng.net) – Pada musim arus mudik dan balik tahun 2019 ini untuk melayani penumpang yang akan berlebaran,  PT. Pelni (persero) Cabang Semarang telah menyiapkan sebanyak tiga buah kapal tambahan tipe 1000. Yaitu Kapal Roro jenis Egon, KM Binaia,  dan KM Leuser.

Kepala PT. Pelni Cabang Semarang,  Suprihatin mengatakan,  kapal tambahan itu dengan kapasitas 920 orang penumpang. Sedangkan untuk kapal yang home bass Semarang, ada dua kapal yakni KM Kelimutu dan KM Lawit.

“Kapal  KM Awu mulai berlayar dari Semarang tujuan Kumai, seat 925 orang penumpang. Baru terisi sekitar 20 persen dari total kapasitas kapal yang ada. Sebelumnya, pada Senin diberangkatkan kapal Lawit tujuan Pontianak. Full seat dengan kapasitas 900 orang penumpang,” katanya,  saat ditemui dikantornya.

Saat ditanya, kenaikan jumlah penumpang pada H-15 Lebaran ini, Suprihatin mengaku belum ada kenaikan atau lonjakan jumlah penumpang yang menggunakan jasa transportasi laut. Dia memprediksi baru akan ada kenaikan jumlah penumpang di Pelabuhan Tanjung Emas, pada H-7 Lebaran sampai H-2 Lebaran.

“Kami nantinya juga akan lebih banyak menyiapkan dibargasi, penumpang yang turun dari Kumai, Sampit dan Jakarta. Biasanya penumpang sudah terlihat nanti pada saat H-5 Lebaran. Justru seperti tahun sebelumnya PT Pelni Semarang akan sibuk saat arus balik yang cukup padat, untuk melayani dari beberapa wilayah yang akan ke Semarang. Bahkan, kenaikan jumlah penumpang mencapai 100 persen,” terangnya.

Suprihatin juga menghimbau kepada masyarakat calon penumpang yang menggunakan jasa angkutan kapal Pelni untuk tertib membeli tiket sesuai dengan aturan di loket resmi yang disediakan PT Pelni, agar terhindar dari calo dan bisa duduk sesuai dengan seatnya.

“Untuk memberi kenyamanan bagi penumpang kapal, Senin (21/5/2019) akan dibuka posko Lebaran di Tanjung Emas Semarang. Yang akan dihadiri semua stake holder, diantaranya dari pemerintah setempat,  dibawah KSOP Syahbandar dan didukung oleh pengamanan dari Polri-TNI,” pungkasnya. (El)