Home Ekbis PT. KAI Tambah Satu Kereta Api Inspeksi

PT. KAI Tambah Satu Kereta Api Inspeksi

214
0
PT. KAI Tambah Satu Kereta Api Inspeksi
         SEMARANG, 6/1 (BeritaJateng.net) – PT. Kereta Api Indonesia (KAI) menambah satu kereta api (KA) inspeksi untuk memantau langsung jalur rel yang dimiliki sepanjang 5.367 kilometer dan 560 stasiun yang tersebar di Pulau Jawa maupun Sumatera. KA inpeksi generasi ke-2 ini diresmikan di Stasiun Tawang, Semarang, Sabtu (6/1) siang.
         Direktur Utama PT.KAI Edi Sukmoro menggatakan jika saat ini PT.KAI memiliki tiga KA inspeksi, yakni KA inspeksi Wijayakusuma dan KA inpeksi Rail One serta yang terbaru adalah KA inspeksi generasi ke-2.
           “Khusus untuk KA inpeksi terbaru ini, adalah modifikasi dari KA lama yakni KA Sriwedari dan KA Kedung Sepur, tugasnya adalah melakukan pemantauan di setiap daerah operasi (Daop),” katanya.
PT. KAI Tambah Satu Kereta Api Inspeksi

Pembuatan KA inpeksi itu sendiri, diserahkan kepada Balai Yasa Yogyakarta dengan menelan anggaran sekitar Rp. 4,5 miliar dengan bebagai faslitas seperti meeting room dengan layar pantauan inpeksi jalur rel, pantri, ruang makan dan lain sebagainya.

         “Total panjang rel di Indonensia yakni sekitar 7.000 kilomter, dengan rel yang mati sekitar 1.000 kilometer. Sisanya harus diawasi oleh tiga KA inpeksi,” jelasnya.
           Pihaknya menjelaskan, KA inpeksi generasi kedua ini, tidak ditempatkan disatu Daop, melainkan akan dikirim jika misalnya disalah satu Daop terdapat gangguan. Selain itu KA inspeksi juga bertugas memantau arus peningkatan arus penumpang dan keamanan rel kereta saat musim mudik ataupun angkutan natal dan tahun baru. “Jadi tidak ditempatkan disatu Daop, melainkan siap dikirim jika memang disalah satu Daop adalah masalah,” terangnya.
PT. KAI Tambah Satu Kereta Api Inspeksi

Idealnya lanjut Edi, setiap dua Daop yang berdekatan memiliki satu KA inspeksi. Saat ini PT.KAI sendiri memiliki 9 Daop di Pulau Jawa dan 4 divisi regional di Sumatera dengan panjang rel sekitar 5.367 kilometer dan jumlah stasiun sebanyak 560 stasiun yang di Pulau Jawa dan Sumatera.

         “Memang masih kurang melihat jangkauan area yang ada, idealnya di dua Daop mimnimal ada satu KA inpeksi,” pungkasnya. (Bj/el)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here