Home Nasional PT KAI Siapkan Dua Kereta Tambahan Untuk Libur Natal dan Tahun Baru 

PT KAI Siapkan Dua Kereta Tambahan Untuk Libur Natal dan Tahun Baru 

295
0

Semarang, 19/11 (BeritaJateng.net) – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi IV Semarang menyiapkan dua kereta api (KA) tambahan menyambut liburan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017.

“Kami siapkan dua KA tambahan untuk Natal dan Tahun Baru, yakni KA Argo Muria Tambahan dan KA Menoreh Tambahan,” kata Kepala Humas PT KAI Daops IV Semarang Edy Kuswoyo di Semarang.

Ia menjelaskan KA Argo Muria Tambahan melayani jurusan Semarang-Gambir (Jakarta) pulang-pergi (PP) dengan enam gerbong kelas eksekutif berkapasitas sebanyak 600 penumpang.

Untuk KA Menoreh Tambahan, kata dia, melayani jurusan Semarang-Pasar Senen (Jakarta) PP yang menarik delapan gerbong dengan kapasita sebanyak 1.792 penumpang sekali pemberangkatan.

“Selain KA tambahan yang disediakan KAI Daops IV Semarang, masih ada dua KA tambahan yang merupakan KA terusan. Artinya, KA ini melintasi wilayah Daops IV Semarang,” katanya.

Dua KA terusan itu, kata dia, KA Kertajaya Tambahan relasi Surabaya-Jakarta PP dengan 18 gerbong kelas ekonomi yang mampu mengangkut penumpang dengan total sebanyak 1.408 orang.

“Kemudian, KA Madiun Ekonomi dengan relasi Jakarta-Madiun PP yang membawa sebanyak 16 gerbong K3 atau kelas ekonomi berkapasitas total sebanyak 1.792 penumpang,” kata Edy.

Kereta api tambahan pada Angkutan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017, kata dia, beroperasi mulai 18 Desember 2016-8 Januari 2017, namun tiket sudah bisa dibeli sejak 15 November 2016.

Untuk memenuhi kebutuhan pasar dan meningkatkan pelayanan, ia mengatakan KAI mengoperasikan setidaknya 328 perjalanan KA reguler dan 28 perjalanan KA tambahan dengan total 212.564 “seat”/hari.

“Khusus wilayah KAI Daops IV Semarang, jumlah total ada 74 perjalanan/hari untuk KA reguler, ditambah delapan perjalanan/hari untuk KA tambahan pada angkutan Natal dan Tahun Baru,” katanya.

Edy menyebutkan volume penumpang pada angkutan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 diprediksi mengalami kenaikan sekitar enam persen dibandingkan masa angkutan Natal dan Tahun Baru sebelumnya.

Selain itu, KAI juga memberikan tarif promo kepada pelanggan yang melakukan perjalanan liburan lebih awal dengan nama program “Early Holiday Sale” yang menawarkan potongan harga sampai 20 persen.

Program itu, kata dia, khusus KA komersial jarah jauh dan menengah di wilayah Pulau Jawa dan Sumatera yang berlaku untuk keberangkatan KA setiap Selasa dan Rabu periode 15 November-7 Desember 2016.

“Kurang lebih ada 25 ribu tiket yang disiapkan untuk promo ini yang bisa dipesan lewat ‘contact centre KAI 121’, ‘mobile application’, internal reservation, dan channel eksternal,” pungkasnya. (Bj)