Home Ekbis PT KAI Operasikan ‘Joglokerto’, Rute Purwokerto-Jogja-Solo

PT KAI Operasikan ‘Joglokerto’, Rute Purwokerto-Jogja-Solo

859

stasiun purwokerto

Purwokerto, 11/9 (BeritaJateng.net) – PT KAI Daop V Purwokerto akan kembali mengoperasikan rute baru untuk memenuhi permintaan penumpang.Rute baru yang akan dioperasikan yaitu rute Purwokerto-Joga-Solo PP.

Humas Daop V Purwokerto, Surono mengatakan, kereta api (KA) baru tersebut merupakan KA ekonomi komersial (non PSO), dengan rangkaian gerbong kelas ekonomi (K3 ) jenis baru.

Gerbong ekonomi (K3) jenis baru ini masing- masing berkapasitas 80 seat dengan konfigurasi tempat duduk 2-2. Sehingga terasa lebih lega dan nyaman untuk penumpang.  Sedangkan gerbong ekonomi (K3) jenis lama masing- masing berkapasitas 106 seat dengan konfigurasi 2-3.

“Meskipun KA ekonomi, tetapi tetap nyaman, karena kapasitasnya lebih sedikit dibanding KA ekonomi yang lama, jadi penumpang tetap nyaman selama dalam perjalanan,” kata Surono, Jum’at (12/9).

Dioperasikannya rute baru ini, lanjut Surono, karena banyaknya permintaan layanan KA untuk jalur Purwokerto-Solo. Selama ini, baru ada layanan rute Purwokerto-Jogja saja. KA baru ini rencananya akan menggunakan nama Joglokerto (Jogja-Solo-Purwokerto). KA ini akan menempuh jarak Purwokerto – Jogja selama 3 jam dan dilanjutkan dengan Jogja – Solo selama 1 jam.

KA Joglokerto direncanakan akan mengawali perjalanannya dari Solo pagi hari (sekitar pukul 06.00), dan tiba di Purwokerto sekitar pukul 10.00.  Kemudian KA ini akan berangkat lagi ke Solo dari Purwokerto sekitar pukul 10.30  dan tiba di Solo sekitar pukul 14.30.

“Rute KA Joglokerto ini merupakan rute favorit para penumpang dan selama ini sudah banyak ditunggu, sehingga kita optimis KA ini akan merebut banyak penumpang,” kata Surono. (BJ33)

Advertisements