Home Hukum dan Kriminal PT KAI Daop IV Tertibkan Bangunan Liar Pinggir Rel

PT KAI Daop IV Tertibkan Bangunan Liar Pinggir Rel

Petugas PT DAOP IV Semarang menertibkan bangunan liar pinggir rel
Petugas PT DAOP IV Semarang menertibkan bangunan liar pinggir rel
Petugas PT DAOP IV Semarang menertibkan bangunan liar pinggir rel

Semarang, 26/1 (beritajateng.net) – PT KAI Daop 4 Semarang menertibkan 25 bangunan liar di sekitar jalur rel (ROW / Right Of Way) sepanjang jalan Muktihajo kawasan Stasiun Alas Tua – jalur Semarang Tawang, Senin siang.

Humas PT KAI Daop 4 Semarang Suprapto mengatakan, dalam rangka menjamin keselamatan perjalanan kereta api dan warga sekitar jalur rel, pihak PT KAI Daop 4 Semarang melaksanakan kegiatan penertiban bangunan liar yang berdiri diatas tanah milik KAI.

Menurutnya, pembongkaran bangunan liar yang melibatkan polsuska PT KAI Daop 4 Semarang, Satpol dan pihak kepolisian setempat berlangsung damai.

“Berdasarkan SOP atau standart operational kami telah melakukan sosialisasi dan diskusi persuasif, bahkan beberapa kali mengirim surat untuk membersihkan kawasan ROW ini,” paparnya.

Kawasan ROW jalur rel sendiri merupakan bagian dari jalur rel KA yang harus steril dari kegiatan dan bangunan yang tidak berhubungan dengan perkeretaapian. Jaraknya sesuai PP No 56 tahun 2009 yakni minimal 12 meter dari pusat jalan rel yang terluar.

“Kami berharap masyarakat untuk tidak membangun di sekitar wilayah ROW jalur rel KA, karena selain melanggar aturan dalam UU No. 23 tahun 2007 tentang perkeretaapian dan PP No. 56 tahun 2009 tentang penyelenggaraan perkeretaapian, juga karena pendirian bangunan liar ini sangat menganggu jarak pandang masyarakat ketika melalui perlintasan sebidang, yang pada akhirnya sangat membahayakan bagi keselamatan warga sendiri,” ujarnya. (BJ05)