Home Lintas Jateng PT KAI Berlakukan Ketentuan Bagasi dan Barang Bawaan Penumpang

PT KAI Berlakukan Ketentuan Bagasi dan Barang Bawaan Penumpang

Semarang, 20/12 (BeritaJateng.net) – PT Kereta Api Indonesia (KAI) mulai tanggal 20 Desember 2015 memberlakukan ketentuan barang bagasi yang diizinkan masuk dalam rangkaian Kereta Api penumpang.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk peningkatan pelayanan dan kenyamanan penumpang kereta api. “Bagi para penumpang yang membawa bagasi dengan ukuran maksimal 20 kg dan atau 100 dm3 dapat membawa masuk kedalam rangkaian kereta api tanpa dikenakan biaya alias gratis,” ujar Manager Humas PT Kai Daop 4 Semarang Gatut Sutiyatmoko.

Selanjutnya, imbuh Gatut, untuk penumpang yang membawa bagasi dengan ukuran 20 – 40 kg dan atau maksimal 200 dm3 dapat dibawa masuk kedalam rangkaian kereta dengan dikenakan biaya. “Biaya yang dikenakan untuk kelas eksekutif sebesar Rp 10.000 per kilogram, kelas bisnis Rp 6.000 per kilogram, dan kelas ekonomi Rp 2.000 per kilogram,” lanjutnya.

Menurut Gatut, alternatif lain bagi pembawa bagasi berukuran 40 kg atau 200 dm3 bisa membeli tempat duduk atau tiket tambahan berdasarkan pertimbangan petugas.

Ia menjelaskan, bagasi yang dapat langsung dibawa kedalam kereta api tanpa dikenakan biaya tambahan diantaranya adalah barang pribadi penumpang (tas tangan, ts ransel, tas laptop) yang tidak lebih dari empat item, sepeda lipat atau sepeda biasa yang dikemas sedemikian rupa dalam keadaan komponen-komponennya tidak dirakit menjadi sepeda utuh, kursi roda manual, kursi bayi, dan tongkat alat bantu jalan.

“Apabila terjadi kerudakan pada kereta yang diakibatkan oleh bagasi penumpang menjadi tanggungjawab penumpang dan diwajibkan untuk membayar untuk membayar ganti rugi,” katanya. (Bj)