Home Ekbis PT DUS Jamin, Gula Hasil Produksinya tak Bocor ke Pasar Lokal

PT DUS Jamin, Gula Hasil Produksinya tak Bocor ke Pasar Lokal

4050
ilustrasi
ilustrasi
ilustrasi

Cilacap, 20/1 (Beritajateng.net) – Produsen gula rafinasi PT Dharmapala Usaha Sukses (DUS) menjamin gula produksinya hanya dipasarkan untuk kepentingan industri dan tidak akan bocor ke pasar lokal.

Manager Umum PT DUS Bambang Suwignyo mengatakan, sejak bulan Januari tahun ini pihaknya memberlakukan sistem distribusi gula rafinasi tidak lagi melalui distributor melainkan langsung ke industri. “Kami siap amankan kebijakan pemerintah dan menjamin tidak akan dijual di pasar umum,” ungkapnya.

Bambang yang pada kesempatan tersebut mendampingi General Manajer Mr. Rama  Krisna Prasaj menegaskan, pihaknya akan memberi sangsi tegas kalau ada pihaknya yang nekat melanggar aturan dengan membocorkan ke pasar lokal.

“Kami pernah memutus kontrak distibutor yang terbukti menjual ke pasar umum,” katanya.

Gula rafinasi adalah gula yang warnanya putih bersih dan biasanya dipasarkan di pasar lokal dengan harga yang lebih murah dibanding gula yang diolah dari tebu rakyat. Kondisi ini yang menyebabkan masyarakat lebih memilih membeli gula rafinasi,ketimbang gula tebu.

PT DUS merupakan satu dari 11 pabrik gula rafinasi di Indonesia dan satu satunya yang ada di Jawa Tengah. Pabrik gula yang dimiliki oleh orang India ini saat ini hanya memproduksi gula yang bahan bakunya raw sugar dan diimprot dari Australia, Thailand, Brazil dan beberapa negara Afrika.

Anggota Komisi B DPRD Jawa Tengah Nuniek Sri Yuningsih berharap, PT DUS untuk bisa menambah mesinnya agar bisa memproduksi gula dari tebu rakyat guna membantu masyarakat khususnya petani tebu  dan mematuhi ketentuan undang undang.

“Kami minta ada kepentingan masyarakat dan bangsa yang juga dikedepankan oleh PT DUS dengan memproduksi gula yang bahan bakunya dari tebu rakyat, sehingga masyarakat juga diuntungkan,” ungkapnya.(BJ13)