Home Lintas Jateng PSIS Semarang Seleksi Tim U-16

PSIS Semarang Seleksi Tim U-16

2353
0
Maskot PSIS Semarang

Semarang, 2/7 (BeritaJateng.net)  – PSIS Semarang terus memantapkan diri sebagai tim sepakbola yang disegani di Indonesia. Tidak hanya level senior, upaya pembibitan di level junior pun terus dilakukan. Terbaru, PSIS melakukan seleksi untuk PSIS usia 16 tahun. Puluhan remaja di Kota Semarang begitu antusias mengikuti seleksi tersebut.

Proses pendaftaran sudah dilakukan sejak Sabtu (30/6) lalu dan selesai pada hari Minggu (1/7). Nantinya, seluruh pemain akan diseleksi secara terbuka di hadapan jajaran pelatih pada Senin (2/7) pagi di Stadion Citarum Kota Semarang.

Pelatih tim PSIS U-16, Eko Riyadi mengatakan, hingga Minggu pagi sudah ada 60 lebih pendaftar. Rata-rata, mereka berasal dari club, Sekolah Sepak Bola (SSB) dan Akademi Sepakbola di Kota Semarang. “Untuk persyaratan adalah, setiap anak yang mendaftar maksimal berusia 16 tahun, rata-rata kelahiran tahun 2002-2003,” kata Eko.

Pihaknya mengaku memang mengutamakan anak-anak asli Kota Semarang. Namun tidak menutup kemungkinan ada anak daerah lain yang ikut mendaftar. Nantinya lanjut Eko, dari puluhan anak tersebut hanya akan diseleksi sebanyak 20-22 pemain. Mereka nantinya akan dilatih dan digembleng untuk persiapan kompetisi Liga 1 U-16.

“Pelaksanaan kompetisi itu masih menunggu regulasi dari pihak operator Liga 1. Meski begitu, kami ingin persiapan lebih awal dan lebih matang dengan menggelar proses seleksi saat ini,” tambahnya.

Eko menegaskan, selain umur tidak ada kriteria khusus dalam proses seleksi itu. Namun garis besarnya tentu calon pemain harus memiliki teknik, fisik, visi bermain dan mental yang bagus. “Nantinya akan dipandu oleh tim pelatih dalam mencari bibit-bibit unggul untuk tim PSIS U-16 ini,” tukasnya.

Setelah terpilih, nantinya anak-anak tersebut akan melakukan proses pelatihan secara intensif. Hal itu bertujuan untuk melihat perkembangan para pemain dan padunya permainan sebagai tim. “Kami juga akan mengikuti turnamen di Jakarta pada 10-15 Juli mendatang sebagai persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 U-16 itu,” ungkapnya.

Sementara itu, salah satu pelamar, Rico Virsa,16, mengaku sangat senang dengan adanya proses seleksi yang dilakukan manajemen PSIS tersebut. Dengan begitu, impian remaja asal SSB Tugumuda Semarang ini untuk menjadi pemain sepakbola profesional dapat terwujud.

“Saya berharap dapat lolos seleksi dan memperkuat tim PSIS U-16. Saya sangat ingin menjadi pemain sepakbola profesional yang sukses berkarir di lapangan hijau,” ucap Rico yang biasa main di posisi penyerang itu. (El)