Home Headline Proyek Peninggian Jalur Pantura Demak Rawan Kemacetan Panjang

Proyek Peninggian Jalur Pantura Demak Rawan Kemacetan Panjang

614
Proyek Peninggian Jalur Pantura Demak Rawan Kemacetan Panjang

Demak, 22/4 (BeritaJateng.net) – Jalur Pantura Semarang Demak Km 8+350 – km 8+750, direncanakan akan segera dilakukan pengerjaan peninggian jalan  sepanjang 400 meter tersebut, mengingat jalur tersebut merupakan jalur utama ekonomi nasional dimana jalur tersebut dalam kondisi berlobang hingga menyebabkan kemacetan panjang setiap hari.

Menurut  Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah 3 Prov Jateng, Januar Fajar Rinaldi yang sekaligus Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), mengatakan, lokasi tersebut memang sering tergenang air pasang serta curah hujan tinggi, yang mengakibatkan antrian kemacetan cukup panjang ke arah Demak.

“Pekerjaan rigid pavement ini akan dimulai tanggal 22 April hari ini, yang direncanakan selesai open traffic tanggal 16 Mei, diharapkan H-14 menjelang lebaran sudah bisa di lalui arus mudik lebaran,” ucap Januar.

Sementara itu menurut Kasat Lantas Polres Demak, AKP Eko Rubiyanto, mengamini,njika pada jalur tersebut merupakan salah satu faktor utama kemacetan yang terjadi dibatas kota Semarang ke Demak.

” Kerusakan jalan hanya 400 meter tetapi menimbulkan kemacetan hingga berkilo-kilo, baik dari Semarang maupun dari arah Demak,” ucapnya.

Untuk menanggulangi dampak dari peninggian jalan tersebut, nantinya akan diberlakukan sistem buka tutup jalan baik dari arah Semarang maupun sebaliknya.

“Yang jelas buka tutup jalan sifatnya situasional dan yang pasti akan dilakukan countraflow,” terang AKP Eko Rubiyanto.

Bagi pengguna jalan Pantura Demak, lanjut Kasat Lantas Demak, pihaknya menghimbau agar mencari jalur alternatif terutama bagi pengendara seped motor dan mobil kecil jika tidak mau terjebak kemacetan panjang. “Jalur alternatif bisa lewat Mranggen ataupun Karangawen,” pungkasnya. (BW/El)