Home Lintas Jateng Program Kantong Plastik Berbayar Kurangi Sampah Plastik di Semarang

Program Kantong Plastik Berbayar Kurangi Sampah Plastik di Semarang

Semarang, 21/2 (BeritaJateng.net) – Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada hari ini, maka Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Semarang bersama anggota Pramuka Saka Kalpataru, masyarakat kelurahan Semarang (bagian Tengah dan Selatan) serta Kodim melakukan aksi pemungutan sampah plastik di area Lapangan Pancasila atau yang biasa dikenal dengan Simpang Lima Semarang dan Sekitarnya, Minggu (21/2) pagi.

Endang, selaku Ketua BLH Kota Semarang mengatakan bahwa pada Hari Peduli Sampah Nasional ini pihaknya juga me-launching program kantong plastik berbayar. Tujuannya agar anak muda tahu kalau di Kota Semarang ada kebijakan tentang penggunaan kantong plastik berbayar.

“Semoga warga Kota Semarang bisa melaksanakan dan ikut mendukung kegiatan ini,” katanya disela-sela keaktifan menggerakkan anggotanya melakukan pemungutan sampah plastik, Minggu (21/2) pagi.

Dijelaskan Endang program ini nantinya juga akan diterapkan pada semua toko dan swalayan yang ada di Semarang. Artinya kalau masyarakat membeli barang namun tidak membawa kantong sendiri harus membayar kepada masing-masing toko atau swalayan tempatnya membeli.

“Jadi kalau masyarakat datang ke toko, swalayan, mall dan lainnya dan tidak membawa kantong sendiri akan dikenakan denda,” terang Endang.

Sementara, Asrul Arif salah satu peserta dalam kegiatan tersebut menanggapi kebijakan terkait sampah plastik berbayar ini mengaku sangat berguna karena melihat sudah terlalu banyak sampah plastik yang ada di Semarang.

“Tidak salah diadakan kebijakan seperti ini, hal ini untuk mengurangi sampah plastik yang ada di Semarang. Apalagi program ini baru pertama kalinya ada di Semarang,” ujar Asrul. (BJT01)