Home Headline Prihatin Tenaga Medis Berguguran, Krebo Minta Masyarakat Patuhi Social Distancing

Prihatin Tenaga Medis Berguguran, Krebo Minta Masyarakat Patuhi Social Distancing

449

SEMARANG, 19/5 (Beritajateng.net) – Sudah banyak tenaga medis baik dokter maupun perawat gugur dalam penanganan Pandemi Covid-19. Yang paling baru adalah gugurnya perawat RS Royal Surabaya Ari Puspitasari yang diketahui sedang hamil 4 bulan. Kematian Ari diketahui positif Covid-19.

Prihatin dengan terus bertambahnya petugas medis yang gugur ini Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah Bambang Kusriyanto minta agar masyarakat membantu memperingan tugas tenaga medis dengan menaati anjuran pemerintah untuk mematuhi protokol kesehatan antara lain dengan tetap tinggal di rumah.

“Gugurnya Ari Puspitasari ini tentu saja membuat kita prihatin dan sedih,” ungkapnya disela sela memberi bantuan Alat Pelindung Diri (APD) bagi petugas medis di Puskesmas Banyubiru Ambarawa Kabupaten Semarang, Selasa (19/5).

Petugas medis memiliki peran yang sangat vital dalam penanganan Covid-19 di garda terdepan karena berhubungan langsung dengan masyarakat yang terpapar Virus Corona baik mereka yang sudah positif maupun yang masih dalam tahap Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Dengan demikian pemerintah harus melindungi tugas tenaga medis.

“Tenaga medis harus terlindungi dalam menjalankan tugasnya. Salah satunya adalah tercukupinya kebutuhan APD ini,” kata pria yang akrab disapa Krebo ini.

Krebo menilai, sampai saat ini masyarakat masih banyak yang abai dengan melakukan kegiatan di luar rumah yang dinilainya tidak terlalu penting, tidak menggunakan masker dan berkerumun. Situasi seperti ini menjadikan penyebaran virus yang ditemukan pertama kali di Wuhan ini menjadi semakin banyak.

“Masyarakat saya himbau untuk membantu petugas medis dengan tetap tinggal di rumah guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” himbaunya.

Kepala Puskesmas Banyubiru, dr. Dyah Fitriani merasa bangga dan bersyukur karena banyak pihak yang mulai mensupport tugas tugas tenaga medis. Seperti yang dilakukan Ketua DPRD Jateng yang sudah membagikan APD untuk petugas medis di Puskesmas yang dia pimpin. Support yang diberikan memberi semangat bagi mereka untuk mendedikasikan diri dalam melayani masyarakat menghadapi pandemi Covid-19 ini.

“Perhatian Pak Bambang ini memberi semangat tersendiri bagi kami dalam mendedikasikan diri kami untuk melayani masyarakat menghadapi pandemi ini,” papar dr Dyah.

APD yang dibagikan Bambang Krebo sapaan Bambang Kusriyanto adalah Baju Hazmat, Pelindung Wajah (Face Shield), Masker Kain dan Cairan Disinfektan. Selain ke Puskesmas Banyubiru, bantuan juga diberikan kepada jajaran Koramil yang diterima oleh Danramil Peltu Sujiyo dan Polsek Banyubiru yang diterima Kapolsek AKP J Purba.

(NK)