Home Lintas Jateng Prihatin Konflik Tolikora, Pangdam Himbau Masyarakat Untuk Jaga Toleransi

Prihatin Konflik Tolikora, Pangdam Himbau Masyarakat Untuk Jaga Toleransi

645

IMG_20150722_075006

Semarang, 22/7 (BeritaJateng.net) – Konflik lintas agama Tolikora di Papua sangat di sayangkan Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) IV/Diponegoro Mayjen TNI Bayu Purwiyono.

Pangdam menghimbau masyarakat untuk tidak terpancing dan terprovokasi dengan kejadian tersebut sehingga bisa mempengaruhi kondusifitas keamanan yang telah terjaga.

“Agar tidak terjadi lagi hal seperti ini sikap toleransi antar umat beragama harus lebih ditingkatkan lagi sehingga semua agama baik muslim dan non muslim nyaman tinggal di Indonesia,” ujar Pangdam menanggapi kejadian tersebut bersama sejumlah tokoh agama dan tokoh masyarakat se Jateng sekaligus acara Halal bihalal di halaman Makodam IV/Diponegoro Jalan Watugong Semarang, Rabu (22/7).

Menurutnya, hal ini juga menggugah semua pihak untuk menjaga kerukunan dan toleransi antar umat beragama di negara Indonesia sehingga semua agama baik Nasrani, Islam dan agama lainnya bisa hidup berdampingan dengan nyaman.

Sementara itu, Ketua Persatuan Gereja Indonesia Jawa Tengah Eko mengatakan, sangat menyesalkan kejadian kerusuhan di Papua yang mengatasnamakan agama.

“Atas nama PGI Jateng, kami memohon kepada pemerintah untuk segera mengadakan rekonsiliasi semua pihak yang berselisih sehingga terselesaikan, dan mohon maaf kepada saudara kita muslim atas kejadian tersebut,” katanya.

Diharapkan, lanjutkan, semua menjaga NKRI dan persatuan bangsa. Sebab, Indonesia merupakan negara pluralis yang terdiri atas bermacam-macam suku dan agama.

Ketua Muhammadiyah Jateng Musman Tholib mengatakan, prihatin atas kejadian di Papua, dan mengharapkan kepada pemerintah bahwa siapapun yang melakukan provokasi bisa ditindak tegas.

Dan permasalahan di Papua perlu dilakukan integrasi sosial, karena nampaknya budaya dan tradisi saling menghormati antar umat beragama di Papua mulai berkurang.

Usai menyatakan sikap, Pandam beserta sejumlah tokoh agama dan tokoh masyarakat secara bersama-sama secara simbolis mengangkat tangan dengan bergandengan. Kemudian Pangdam juga melakukan Halal bihalal dengan ribuan prajurit dan PNS Kodam IV/Diponegoro didampingi Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Joni Supriyanto.

Dalam acara itu nampak dihadiri oleh sejumlah tokoh agama dan tokoh masyarakat, seperti diantaranya Ketua BP MAJT Noor Achmad, Ketua MUI Jateng Ahmad Darodji, Mgr Johannes Puja Sumarta Uskup Agung Semarang, dan sejumlah pejabat Kodam IV/Diponegoro. (Bj05)

Advertisements