Home Lintas Jateng Presiden Jokowi Terjun Langsung Lihat Proses Evakuasi

Presiden Jokowi Terjun Langsung Lihat Proses Evakuasi

image

Banjarnegara, 14/12 (Beritajateng.net) – Presiden Joko Widodo meminta evakuasi korban longsor di Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, diselesaikan lebih dulu sebelum kegiatan yang lain.

“Yang paling penting sekarang evakuasi dulu. Saya sudah pesan tadi, dirampungkan dulu evakuasinya, kita tidak akan bicara yang lain, konsentrasi evakuasi,” kata Presiden di Banjarnegara, Minggu siang.

Kepala Negara mengatakan hal itu kepada wartawan usai mengunjungi lokasi longsor dan tempat pengungsian warga Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, Banjarnegara.

Terkait dukungan sarana untuk evakuasi, Presiden mengatakan bahwa hal itu akan dilakukan dengan bantuan ekskavator.

“Nanti kalau jalannya sudah didorong (material yang menutup ruas jalan, red.), sudah bisa dibuka, ekskavator masuk. Diperkirakan besok (Senin, red.) ekskavator masuk karena memang kondisinya seperti itu,” kata Presiden.

Saat ditanya mengenai batasan waktu evakuasi, Presiden mengatakan bahwa hal itu akan dilihat di lapangan.

Presiden mengakui bahwa titik-titik rawan longsor di Jawa Tengah banyak sekali.

Oleh karena saat ini musim hujan, Presiden mengimbau seluruh warga untuk berhati-hati dan waspada terutama yang berada di daerah rawan longsor.

Dalam kunjungan tersebut, Presiden yang didampingi Ibu Negara Iriana meninjau lokasi longsor di Dusun Jemblung.

Bahkan, Presiden menyempatkan diri untuk turun ke permukiman yang tertimbun tanah longsor untuk melihat lebih dekat proses evakuasi.(ant/pj)