Home Lintas Jateng Presiden Jokowi Dijadwalkan ke Banjarnegara Hari Ini

Presiden Jokowi Dijadwalkan ke Banjarnegara Hari Ini

image
Foto : ist

Jakarta, 14/12 (Beritajateng.net) – Presiden Joko Widodo, Minggu pagi dijadwalkan bertolak menuju Banjarnegara, Jawa Tengah, untuk meninjau lokasi bencana alam tanah longsor.

Kepala Negara dijadwalkan bertolak dari Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada pukul 07.00 WIB. Sebelumnya Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan bahwa berdasarkan pendataan sementara sebanyak 20 jenazah korban longsor di Dusun Jemblung, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, telah ditemukan.

“Dalam situasi seperti ini memang masalah pendataan selalu ada pergerakan-pergerakan. Hingga saat ini, kita telah menemukan jenazah saudara-saudara kita sejumlah 20 orang,” kata Kepala BNPB Syamsul Maarif di Banjarnegara, Sabtu (13/12) malam.

Sementara jumlah korban yang masih akan dicari, kata dia, sebanyak 88 orang.

Menurut dia, jumlah tersebut berdasarkan data yang diperoleh Bupati Banjarnegara Sutedjo Slamet Utomo dari Kepala Dusun Jemblung.

Kendati demikian, dia mengakui kemungkinan adanya korban lain dari kendaraan yang melintas saat bencana tanah longsor itu terjadi.

“Adanya berbagai informasi yang simpang siur bahwa apakah ada kendaraan yang di sana, kemudian berapa jumlahnya, itu masih dalam pengecekan,” katanya.

Selain itu, kata dia, masalah keamanan juga menjadi prioritas mengingat kondisi tanah di sekitar lokasi bencana sangat rapuh sehingga setiap saat akan bergerak.

Karena itu, lanjut dia, personel TNI, Polri, dan PMI mulai hari Minggu (14/12) akan mengatur masyarakat yang mendatangi lokasi bencana.

“Jangan sampai terjadi korban yang tidak kita kehendaki karena kita ketahui bahwa luncuran tanah yang terjadi kemarin (Jumat, red.) bisa loncat ke jalan provinsi,” katanya.

Menurut dia, ruas jalan di bagian atas sudah bisa dibuka sehingga rencananya pada hari Minggu, dua alat berat akan masuk ke lokasi longsor.

Di samping itu, kata dia, PMI juga akan mengerahkan kendaraan Hagglunds untuk memperkuat tim yang ada di lokasi bencana. “Saat ini, sedang dalam perjalanan,” katanya.

Ia mengatakan bahwa sebanyak tiga alat berat juga akan didatangkan dari Purwokerto.(ant/pj)

Advertisements