Home Hiburan Presiden Jokowi Berikan Penghargaan Kepada Waldjinah

Presiden Jokowi Berikan Penghargaan Kepada Waldjinah

453
Jokowi beri penghargaan pada Waljinah

 

Jakarta, 2/4 (BeritaJateng.net) – Memasuki di usia 70 tahun, Ratu Keroncong asal Solo, Jawa Tengah Waldjinah terus menuai penghargaan. Kali ini, penghargaan tersebut dari orang nomor satu di negeri ini Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Presiden yang akrab disapa Jokowi tersebut member langsung tanda cintanya untuk Waldjinah dalam acara rutin ‘Keroncong Pesona Indonesia Persembahan untuk Waldjinah’ di Graha Bhakti Budaya (GBB), Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Jumat (1/4/2016)

Dengan busana semi formal mengenakan kemeja batik berwarna hijau, Jokowi menaiki panggung dan memberikan ucapan terima kasih kepada sang legenda Keroncong Waldjinah.

“Ibu Waljinah terima kasih atas totalitasnya mengabdi dan menjaga kebudayaan Indonesia,” ujar Jokowi disambut tepuk tangan.

Pernyataan itu disampaikan langsung kepada Waldjinah yang pada kesempatan itu duduk di atas kursi roda. Waljinah mengenakan kebaya warna merah dan tampak berkaca-kaca menyambut ucapan presiden.

Waldjinah berkali-kali mengucapkan terima kasih atas tanda tresno atau tanda cinta yang disampaikan presiden secara langsung kepadanya. Presiden sempat berkomunikasi beberapa saat dengan Waldjinah di atas panggung secara pribadi dan menanyakan kesehatan Waldjinah.

Terlihat dari bangku penonton, Presiden Jokowi menyerahkan karangan bunga serta sebuah amplop putih yang diambi langsung dari kantong celananya. Tampak juga keduanya sempat saling berbicara.

Pelantun ‘Walang Kekek’ itu sendiri tepat berada di samping Presiden. Dia duduk di atas kursi roda sambil menahan haru. Ini adalah penghargaan kedua yang dia terima, langsung dari pemimpin tertinggi Indonesia, sebelumnya, Soekarno juga pernah memberi penghargaan bernama ‘Bintang Radio’ di era 1965 silam.

Pentas musik keroncong langgam Jawa yang mmenampilkan penyanyi Waljinah tersebut, akan berlangsung dua hari, Jumat dan Sabtu malam, 1-2 April 2016.

Pertunjukan musik keroncong yang mendapat dukungan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) itu dalam rangka melestarikan musik keroncong sebagai daya tarik wisata budaya.

Panggung Graha Bhakti Budaya (GBB) menyajikan beberapa pertunjukan dari campuran kesenian tradisional. Sudjiwo Tedjo dengan dalangnya, ada barisan sinden merdu seperti Soimah, Endah Laras, Sruti Respati dan Rita Tila.

Di babak lainnya, sekitar seribuan penonton yang hadir dikocok perutnya oleh para komedian. Ada Miing ‘Bagito’, Cak Lontong serta Akbar dan Trio Gam

Turut hadir mendampingi Presiden, sejumlah pejabat dan menteri, di antaranya Menteri Pariwisata Arief Yahya, Mendikbud Anies Baswedan, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. (Bj70)