Home Headline Presiden Jokowi Bagikan Bantuan Sosial di Pasar Peterongan

Presiden Jokowi Bagikan Bantuan Sosial di Pasar Peterongan

Presiden Jokowi Bagikan Bantuan Sosial di Pasar Peterongan

Semarang, 5/7 (BeritaJateng.net) – Presiden RI Ir. H. Joko Widodo ke Pasar Peterongan, Jl. MT. Haryono, No.936, Kec. Semarang Selatan guna menyalurkan bantuan sosial bagi penerima manfaat keluarga harapan (PKH) dan para pedagang, Selasa (05/07/2022).

Terpilihnya Pasar Peterongan untuk dibagikan bantuan sosial bagi PKH atas pertimbangan letak dan penataan konteks bangunan yang tergolong cagar budaya, sebab telah berdiri sejak 1916 atau sudah lebih satu abad.

Selain membagikan bantuan langsung tunai ke warga dan pedagang, dirinya memastikan Program Keluarga Harapan (PKH) berjalan dan tepat sasaran.

Pada kunjungan presiden tersebut, ada 100 warga penerima bantuan PKH yang dibagikan melalui Kementerian Sosial RI.

Sebanyak 100 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dihadirkan secara langsung. Adapun jenis bantuan berupa atensi bagi penyandang disabilitas, bantuan pengembangan usaha bagi Keluarga Penerima Manfaat terdiri dari Disabilitas produktif dan lansia produktif.

Selain itu ada juga bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), bantuan Sosial Sembako, dan bantuan Langsung Tunai (BLT) Bantuan minyak goreng.

Bantuan tersebut berupa satu tas berisi minyak goreng dan uang tunai Rp300 ribu. Bantuan ini akan gulirkan selama 3 bulan berturut-turut.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden berpesan agar bantuan senilai Rp.1,2 juta yang diberikan dapat digunakan untuk tambahan modal kerja.

“Tidak boleh dibelikan handphone, jangan dibelikan handphone apalagi pulsa. Ini dipakai untuk tambahan modal kerja, kalau yang Rp.300 ribu boleh dipakai untuk beli minyak goreng, Sembako, silakan,” ucap Presiden Jokowi.

Seusai memberikan bantuan, Presiden turut meninjau harga dan ketersediaan sejumlah bahan pangan pokok, seperti cabai merah, minyak goreng, hingga beras.

Selain Gubernur Jateng, Pangdam dan Kapolda, dalam pelaksanaannya Presiden RI juga didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno serta Kepala Pasar Peterongan Supana.

Sekretaris Jenderal Kementrian Sosial RI, Harry Hikmat menyampaikan kunjungan presiden kali ini ingin memastikan bantuan sosial benar-benar sampai ke penerima manfaat.

“Yang di undang ada 100 KPM, 90 diantaranya PKH dan 10 penerima bantuan atensi, asistensi rehabilitasi sosial,” ujarnya kepada wartawan di Pasar Peterongan, Selasa (5/7).

Warga Semarang dan pedagang pasar begitu antusias menyambut kedatangan Jokowi. Tidak hanya presiden, Gurbernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang turut mendampingi blusukan presiden ke-7 itu.

Presiden menyempatkan berbincang langsung ke penerima bantuan. Tampak terdengar presiden menjelaskan tujuan diberikannya bantuan tersebut.

Salah seorang penerima bantuan, Sukiyarti, mengaku mendapat 2 amplop pemberian langsung dari Jokowi.

“Satu amplop dari tas minyak goreng ada Rp300 ribu, satu lagi BLT isinya Rp1.2 juta,” ujar pedagang soto itup.

Begitu juga pedagang Angkringan di pinggir jalan Pasar Peterongan, Bagas Andri Yuliawan, mendapatkan satu amplop berisi uang.

Seorang ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus, Lia (41) mengatakan sangat senang sekali dengan bantuan yang diterima. Ia mendapatkan bantuan untuk membuka usaha gorengan dan jualan sembako.

“Dapat kursi roda, dan uang untuk usaha gorengan dan sembako Rp10 juta,” paparnya.

Salah satu pedagang yang juga kaum Disabilitas bernama Joko menyampaikan apresiasi atas bantuan yang diberikan dan berharap bantuan tersebut dapat meningkatkan usahanya di bidang makanan. (Ak/El)