Home Lintas Jateng Presiden Hadiri Peringatan Hari Difabel Internasional

Presiden Hadiri Peringatan Hari Difabel Internasional

Jokowi
Presiden Jokowi

Temanggung, 26/11 (BeritaJateng.Net) – Presiden Joko Widodo dijadwalkan menghadiri peringatan Hari Difabel Internasional tingkat nasional di Temanggung, Jawa Tengah, 3 Desember 2014.

“Presiden kami undang untuk menghadiri HDI di Temanggung. Kami berharap Presiden bisa datang di HDI tingkat nasional ini,” kata Bupati Temanggung Bambang Sukarno di Temanggung, Rabu (26/11).

Berbagai rangkaian kegiatan HDI tingkat nasional telah disiapkan oleh panitia, antara lain karnaval dan temu olahraga para penyandang difabel.

Koordinator Karnaval yang juga Kasi Kerja Sama Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Grahita (BBRSBG) “Kartini” Temanggung, Mustofa mengatakan karnaval akan dilaksanakan pada Rabu (26/11) pagi sebelum puncak peringatan HDI.

Ia mengatakan temu olahraga diselenggarakan pada 2 Desember 2014 dengan mempertandingkan cabang bulutangkis, tenis meja, bocce, catur, sepak bola, dan eksebisi tenis lapangan bagi difabel yang menggunakan kursi roda.

Ia menuturkan pada saat karnaval BBRSBG akan menampilkan busana karnaval dari bahan limbah hasil karya para penerima manfaat. Selain itu juga akan menampilkan kesenian kuda lumping dan topeng ireng.

Menurut dia ada 54 institusi baik kelompok sekolah, balai rehabilitasi sosial, dan paguyuban yang berasal dari Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Total peserta sebanyak 1.202 orang, di antaranya 58 orang menggunakan kursi roda dan 61 orang menggunakan sepeda motor roda tiga,” katanya. (ant/pri)