Home News Update Pramuka Disabilitas Juga Bisa Berprestasi

Pramuka Disabilitas Juga Bisa Berprestasi

87
0
Pramuka Disabilitas Juga Bisa Berprestasi
         SLAWI, 10/10 (BeritaJateng.net) –  Ratusan Pramuka berkebutuhan khusus / Disabilitas mengikuti Pertemuan Pramuka Luar Biasa (PPLB) tingkat Binwil Pekalongan. Acara yang dihelat di Bumi Perkemahan Martoloyo Desa Suniarsih Bojong dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal, dokter Widodo Joko Mulyono.
          Keceriaan itu terlihat saat upacara pembukaan dimulai. Meski memiliki keterbatasan, mereka tetap bersemangat mengikuti rangkaian upacara sampai dengan selesai.
           Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal, dokter Widodo Joko Mulyono yang juga Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal mengatakan, Kegiatan PPLB menjadi ajang menggali potensi anak berkebutuhan khusus dalam berketerampilan, kemandirian sekaligus melatih kepercayaan diri untuk tampil dihadapan banyak orang yang berprestasi.
          “PPLB merupakan kegiatan positif sebagi bentuk pembuktian para penyandang disabilitas mampu mandiri dan Berprestasi,” kata Joko membakar semangat.
          Joko berharap, Pramuka disabilitas bisa berkontribusi bagi bangsa melalui kegiatan. “Keterbatasan tidaklah menjadi Kendala bagi kalian, namun dengan jiwa semangat dan memotivasi untuk terus berupaya apa yang terbaik mengukir prestasi. Tunjukan pada dunia, bahwa kalian mampu dan bisa mengukir prestasi dan harumkan nama bangsa,” tandasnya.
           Ketua Panitia PPLB Ardana Edy Karsanta mengatakan, Pertemuan Pramuka Luar Biasa sebagai ajang silaturahmi antar siswa berkebutuhan khusus di wilayah Pekalongan.
           ”Kegiatan diikuti 120 Pramuka berkebutuhan khusus dari 10 sekolah SLB se wilayah Pekalongan. PPLB berlangsung selama tiga hari, Kamis-Sabtu, 5-7 Oktober 2017,” terangnya
            Dikatakan, meski punya keterbatasan, mereka akan mengikuti sejumlah lomba yang disajikan dalam PPLB diantaranya seni budaya, hasta karya, outbond, wide game dan pertendaan.
            ”Peserta diharapkan mendapat pengalaman baru, pengetahuan dan keterampilan serta berprestasi di gugus depannya,” harapnya. (Bj/el)