Home Lintas Jateng PPAD Jateng Hijaukan Bandara Ahmad Yani Semarang

PPAD Jateng Hijaukan Bandara Ahmad Yani Semarang

Penanaman pohon di lingkungan Bandara Ahmad Yani Semarang.

Semarang, 4/9 (BeritaJateng.net) – Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76 dan Hari Ulang Tahun Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD) ke 18, PPAD Provinsi Jawa Tengah ikut Berpartisipasi dalam menciptakan Lingkungan Hidup yang hijau, bersih & sehat , pada hari ini diselenggarakan acara “Simbolis” Penanaman Bibit Pohon Penghijauan yang berlokasi di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang.

Simbolis penanaman bibit pohon ini dilaksanakan oleh Bapak Letjen TNI Purn. H. Bibit Waluyo selaku Sesepuh PPAD Prov. Jateng, Kasdam IV / Diponegoro, perwakilan dari Polda Jateng, Sekda Kota Semarang, Danlanumad Ahmad Yani, Danlanal Semarang, General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, perwakilan dari Balai Sertifikasi dan Perbenihan Tanaman Hutan (BSPTH) Prov. Jateng, dan Ketua PPAD Prov. Jateng.

Acara diawali dengan penyampaian Tausiyah dan doa oleh DR. KH. Fadholan Mussyafa’ LC, MA, kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh General Manager dan Ketua PPAD Prov. Jateng.

Pada sambutannya, General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Hardi Ariyanto menyampaikan bahwa sejalan dengan konsep Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani yaitu Eco-Green Airport, dimana bandara diciptakan sebagai sarana dan prasarana perhubungan yang ramah lingkungan serta berkontribusi positif kepada lingkungan hidup.

“Kami ucapkan terima kasih kepada PPAD Provinsi Jawa Tengah yang telah berpartisipasi dengan memberikan bibit pohon penghijauan untuk menciptakan lingkungan hidup yang hijau, bersih dan sehat di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang sehingga para pengguna jasa yang datang ke bandara akan merasa lebih nyaman,” jelas Hardi.

Penanaman pohon dengan kolaborasi ini selain sebagai bentuk penerapan Eco-Green Airport juga sebagai salah satu langkah mitigasi perubahan iklim dengan penanaman pohon khas indonesia yang memiliki manfaat sebagai penyerap karbon. Acara ini merupakan salah satu program kerja PPAD Prov. Jateng di tahun 2021.

Ketua PPAD Prov. Jateng, Bapak Brigjen TNI Purn. H. Amin Syamsudin menjelaskan saat ini kami memang hanya memberikan 33 batang pohon saja untuk di tanam di lingkungan Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, 10 pohon kita tanam secara simbolis terlebih dahulu pada hari ini dan selebihnya akan ditanam saat musim hujan agar pohon tersebut tumbuh dengan subur dan tidak mati.

“Setelah penanaman pohon ini kami juga berencana untuk melakukan penanaman bibit pohon sebanyak 6.000 s.d 7.000 bibit di tujuh lokasi Kabupaten/ Kota. yang tersebar di wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya,” jelasnya.

“Semoga dengan diadakannya kegiatan penanaman bibit pohon penghijauan ini dapat memberikan motivasi kepada masyarakat untuk lebih peduli dan meningkatkan kesadaran kepada masyarakat kita semua akan pentingnya kelestarian lingkungan dimana kita berada, selain itu kegiatan ini juga dapat menjadi ajang silaturahmi bagi kita semua agar kedepan hubungan diantara lembaga atau instansi dapat menjadi lebih harmonis,” tutup Amin. (Ak/El)