Home Hukum dan Kriminal Porter Dibekuk Polisi Usai Curi Barang Bagasi di Bandara A Yani

Porter Dibekuk Polisi Usai Curi Barang Bagasi di Bandara A Yani

Semarang, 4/1 (BeritaJateng.net) – Setelah heboh kasus pencurian barang berharga di bagasi pesawat yang dilakukan oleh oknum porter di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang pada hari lalu, kasus tersebut kembali muncul, kali ini terjadi di Bandara Ahmad Yani Semarang.

Seorang oknum porter bernama Priyo Adi Wicaksono (21), warga Jalan Wologito Utara RT 02 RW 07, Kelurahan Kembangarum, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang diamankan anggota Polsek Semarang Barat, lantaran terbukti mencuri sebuah barang berharga berupa jam tangan.

Awal mula penangkapan ini bermula dari laporan salah seorang penumpang pesawat pada penerbangan Garuda GA 246, hari Senin, Tanggal 28 Desember 2015 lalu yang kehilangan sebuah jam tangan merk Rolex.

Lalu, pada hari berikutnya, tepatnya hari Selasa, Tanggal 29 Desember 2015, pihak Avsec Bandara Ahmad Yani Semarang melakukan pemeriksaan terhadap saksi, hingga akhirnya mengarah kepada nama tersangka. Setelah didalami, Priyo pun mengakui dengan menunjukkan barang bukti hasil kejahatannya.

Kepada petugas, pelaku mengaku hanya menggunakan alat tulis berupa pulpen untuk membuka resleting tas yang akan diincarnya. Baginya tak butuh waktu banyak untuk dapat membukannya.

Meski dibuka secara paksa oleh pelaku, resleting pada tas tersebut tak sampai rusak. Bahkan, tak sedikitpun terlihat seperti habis dibuka paksa. Terlebih, yang mencengangkan lagi, ia mengaku bisa membuka tas, sekalipun dalam kondisi telah diberi gembok.

“Saya sudah tiga tahun bekerja sebagai porter, dan tiga kali ini saya melakukannya. Tahu teknik itu dari senior-senior saya,” akunya saat berada di Mapolsek Semarang Barat, Senin (4/11).

Saat diintrogasi Polisi, pelaku berujar nekat mencuri dalam bagasi pesawat lantaran sebelumnya ia hanya sebagai pengawas, sedangkan yang melakukan eksekusi saat itu adalah senior-seniornya. Karena selama mengawasi dirinya tidak mendapatkan hasil apapun, pelaku kemudian memutuskan untuk melakukannya sendiri.

Barang bukti curian porter yang diamankan polisi
Barang bukti curian porter yang diamankan polisi

“Sebelumnya saya disuruh senior saya untuk mengawasi saja. Tapi setiap saya tanya hasilnya apa, mereka tak mengaku. Bilangnya tidak mendapatkan apa-apa,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolsek Semarang Barat, Kompol Cahyo Widyatmoko mengatakan sudah beberapa kali pihaknya menerima laporan mengenai pencurian yang terjadi di dalam bagasi pesawat.

“Bahkan ada yang melaporke ke pihak Menteri Perhubungan tentang hilangnya barang-barang berharga seperti handphone, jam tangan, bahkan uang tunai,” kata Kapolsek.

Dijelaskan Cahyo, kasus ini masih akan didalami oleh pihaknya. Pasalnya, dalam beraksi pelaku juga tak jarang melakukan bersama rekan-rekanya. Dari hasil pemeriksaan sementara, dikatakan Kapolsek pihaknya sudah mengantongi beberapa nama lain yang diduga juga terlibat dalam kasus ini.

“Pelaku kita amankan bersama barang bukti handphone dan jam tangan. Kami masih mengembangkan kasus ini, termasuk akan memeriksa sejumlah nama yang diduga terlibat dalam aksi pelaku,” tegas Kapolsek. (Bjt02)