Home Headline Polrestabes Semarang Gagalkan Pengiriman 2 Kontainer Beras  Ke Kalimantan

Polrestabes Semarang Gagalkan Pengiriman 2 Kontainer Beras  Ke Kalimantan

691
Polrestabes Semarang Gagalkan Pengiriman 2 Kontainer Beras  Ke Kalimantan
          Semarang, 17/1 (BeritaJateng.net) – Kepolisian Kota Besar Semarang berhasil menggagalkan upaya pengiriman beras Bulog yang tidak sesuai dengan tujuan. Dua kontainer beras seberat 48 ton, diamankan oleh petugas saat hendak dikirim melalui jalur laut di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang menuju Banjarmasin, Kalimantan pada Kamis (11/1) lalu.
          Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Abioso Seno Aji mengatakan, beras yang diamankan berasal dari Bulog Jateng yang hendak didistribusikan ke area Semarang, Pati, dan Purwodadi.
          Namun saat diperiksa oleh Tim Gabungan, ternyata truk pengangkut beras ini hendak dikirim ke Kalimantan Timur melalui pelabuhan Tanjung Emas.
          “Saat diamankan petugas kami dari satgas pangan, pengemudi kontainer ini ngakunya mau di bawa ke Klaten untuk dilakukan pencucian beras. Tapi kan nggak mungkin kalau ke Klaten jalurnya lewat sini (pelabuhan),” ujarnya saat gelar kasus di Pelabuhan Tanjung Emas, Rabu (17/1).
Polrestabes Semarang Gagalkan Pengiriman 2 Kontainer Beras  Ke Kalimantan
          Atas kecurigaan tersebut, petugas kemudian melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap dua sopir kontainer hingga mendapatkan keterangan bahwa puluhan ton beras itu akan di kirim ke Banjarmasin. Bahkan petugas juga mendapati keterangan jika masih ada rekannya yang hendak melangsungkan perjalanan dari Demak menuju Pelabuhan Tanjung Emas.
           “Saat tahu ada petugas sopir truk langsung menghubungi rekan lewat hp yang mau perjalanan ke sini dan kemudian kembali lagi ke Demak. Petugas kami kemudian melakukan koordinasinl dengan Polres Demak dan dilakukan penggeledahan dan memang benar petugas kemudian menyita barang bukti 24 ton beras,” tambahnya.
          Dari hasil sitaan sebanyak 48 ton, Tim Gabungan Polrestabes Semarang akan mengembalikan lagi ke Bulog untuk kemudian didistribusikan sesuai wilayahnya.
            “Beras Bulog Jateng harusnya untuk kawasan Jateng. Kalo dikirim ke Kalimantan berarti menyalahi aturan. Beras-beras ini sebenarnya akan disebar ke Semarang, Pati, dan Purwodadi,” tuturnya. (Nh/El)