Home Headline Polrestabes Semarang Bongkar Praktek Pengoplos Tabung Gas Bersubsidi

Polrestabes Semarang Bongkar Praktek Pengoplos Tabung Gas Bersubsidi

496
Polrestabes Semarang Bongkar Praktek Pengoplos Tabung Gas Bersubsidi

Semarang, 13/8 (BeritaJateng.net) – Polrestabes Semarang berhasil membongkar praktek pengoplosan gas LPG subsidi ke tabung LPG 12 kilogram. Dalam pengungkapan tersebut Petugas Unit Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) Satreskrim Polrestabes Semarang berhasil mengamankan pelaku pengoplosan bernama Saparin (54) Warga Sambiroto, Kecamatan Tembalang Kota Semarang.

“Pelaku ditangkap di tempat usahanya yang juga dijadikan tempat tinggal di Sambiroto,” ungkap Wakapolrestabes Semarang AKBP. Iga Dwi Perbawa Nugraha saat gelar perkara di Mapolrestabes Semarang, Kamis (13/8).

Selain pelaku, dalam pengungkapan ini polisi juga mengamankan Puluhan Tabung Gas LPG subsidi dan LPG 12 kilogram baik yang isi maupun kosong.

kegiatan ilegal ini sudah dilakukan tersangka sejak setahun silam Untuk 3-4 tabung LPG 3 kg ke 12 kg dan dijual kembali ke konsumen dengan keuntungan antara Rp. 90 hingga 100 rb per tabungnya. Dalam kegiatan ilegal ini pelaku meraup keuntungan sekitar Rp.1 juta/ hari.

“Pelaku juga mengurangi volume LPG tabung ukuran 12 kg yang akan dijual ke konsumen,” ujar Wakapolrestabes Semarang.

Atas perbuatannya, pelaku terancam dengan jeratan Undang-undang Nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen, Undang-undang Nomor 7 tahun 2014 tentang perdagangan, serta Undang-undang Nomor 2 tahun 1981 tentang metrologi legal. (Nh/El)